JULIA AYU NUR KHOVIVAH, 12306193032 (2023) EFEKTIVITAS ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK TRAUMA PSIKOLOGIS PADA REMAJA KORBAN KELUARGA BROKEN HOME DI SMAN 2 PURWAKARTA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (898kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pengalaman yang terjadi dalam kehidupan remaja dan keluarga tidak semua merupakan pengalaman yang menyenangkan. Mengalami trauma psikologis bagi remaja merupakan pengalaman yang dapat mengganggu jalannya kehidupan masa remaja. Trauma psikologis merupakan dampak yang muncul dari akibat keluarga broken home yang dialami oleh remaja yang menyangkut aspek psikologis dan aspek sosial. Gejala gejala trauma psikologis yang dialami seperti kesulitan tidur, gangguan kecemasan, dan rasa tidak percaya diri. Penanganan dan penyembuhan kecemasan yang menjadi tanda terjadinya trauma psikis akibat trauma psikologis haruslah mendapat perhatian agar dampak trauma akibat broken home tidak merusak kualitas hidup korban. ACT membantu untuk tetap bisa merasakan kebahagiaan walaupun mengalami situasi yang tidak menyenangkan karena pengalaman negatif yang dialami dengan cara menerimanya. Acceptance and Commitment Therapy dilaksanakan dalam 4 sesi dengan mengutamakan aspek penerimaan, pemilihan arah, dan komitmen. Berdasarkan hal tersebut, penelitian bertujuan untuk meminimalisir dampak trauma psikologis pada remaja korban broken home dengan menggunakan metode ACT. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang remaja yang memiliki trauma psikologis denan latar belakang keluarga broken home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan memberikan ACT pada remaja korban broken home kemudian melihat penurunan kecemasan yang ditimbulkannya. ACT terbukti mampu meningkatkan fleksibilitas psikologis dan meningkatkan penerimaan. Pada kuisioner PCL-C dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,778 setelah dibandingkan dengan ttabel pada dk = n -1 = 2 -1 = 1 taraf nyata = 0,05 dalam confidence level = 95 %, diperoleh ttabel = 6,314 dan thitung > ttabel = (6,778 > 6,314). Dan pada kuisioner AAQ-II dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 33,000 setelah dibandingkan dengan ttabel pada dk = n -1 = 2 -1 = 1 taraf nyata = 0,01 dalam confidence level = 95 %, diperoleh ttabel = 31,821 dan thitung > ttabel = (33,000 > 31,821). Terdapat penurunan trauma psikologis yang merupakan dampak dari pemberian ACT, yang dibuktikan dengan hasil Penelitian ini diharap bisa menjadi kajian yang berguna bagi penanganan kasus serupa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306193032 JULIA AYU NUR KHOVIVAH |
Date Deposited: | 20 May 2024 06:43 |
Last Modified: | 20 May 2024 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46093 |
Actions (login required)
View Item |