GALANG FAJAR ISMA'IL, 17201163361 (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII DI MAN 2 TULUNGAGUNG". [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (792kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
Abstract
Pendidikan tidak hanya menjadikan manusia pandai secara intelektual (IQ) akan tetapi pandai untuk mengaplikasikan dan menerapkan pengetahuan yang telah dimiliki secara benar dan tepat guna, serta menjadikan kehidupannya lebih stabil, dan matang secara emosional (EQ) dan spiritual (SQ) Rumusan masalah dalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung? 2) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung? 3) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Tulungagung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. Hasil penelitian dari uji T yang diperoleh adalah sebesar 3,735 Ttabel = 2,02 sehingga diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh kecerdasan Intelektual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. 2) Ada pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. Hasil penelitian dari uji T yang diperoleh adalah sebesar 2,228 > Ttabel = 2,02 diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. 3) Ada pengaruh kecerdasan intelektual dan emosional terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. Hasil penelitian dari uji F yang diperoleh adalah sebesar 4,856 Fhitung = 3,24 diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh kecerdasan intelektual dan emosional terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq kelas XII MAN 2 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan > IQ Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163361 GALANG FAJAR ISMA'IL |
Date Deposited: | 20 May 2024 08:32 |
Last Modified: | 20 May 2024 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46104 |
Actions (login required)
View Item |