PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII DI MAN 2 TULUNGAGUNG"

GALANG FAJAR ISMA'IL, 17201163361 (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII DI MAN 2 TULUNGAGUNG". [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya menjadikan manusia pandai secara intelektual (IQ) akan tetapi pandai untuk mengaplikasikan dan menerapkan pengetahuan yang telah dimiliki secara benar dan tepat guna, serta menjadikan kehidupannya lebih stabil, dan matang secara emosional (EQ) dan spiritual (SQ) Rumusan masalah dalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung? 2) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung? 3) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XII di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Tulungagung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. Hasil penelitian dari uji T yang diperoleh adalah sebesar 3,735 Ttabel = 2,02 sehingga diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh kecerdasan Intelektual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. 2) Ada pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. Hasil penelitian dari uji T yang diperoleh adalah sebesar 2,228 > Ttabel = 2,02 diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. 3) Ada pengaruh kecerdasan intelektual dan emosional terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas XII MAN 2 Tulungagung. Hasil penelitian dari uji F yang diperoleh adalah sebesar 4,856 Fhitung = 3,24 diputuskan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh kecerdasan intelektual dan emosional terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq kelas XII MAN 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > EQ
Pendidikan > IQ
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163361 GALANG FAJAR ISMA'IL
Date Deposited: 20 May 2024 08:32
Last Modified: 20 May 2024 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46104

Actions (login required)

View Item View Item