PERSEPSI PEMBACA TERHADAP MEDIA ONLINE MOJOK.CO SEBAGAI SARANA MINAT BACA DAN WADAH OPINI SOSIAL

RICKY ALFANDI, 12209183081 (2022) PERSEPSI PEMBACA TERHADAP MEDIA ONLINE MOJOK.CO SEBAGAI SARANA MINAT BACA DAN WADAH OPINI SOSIAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (850kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “PERSEPSI PEMBACA TERHADAP MEDIA ONLINE MOJOK.CO SEBAGAI SARANA MINAT BACA DAN WADAH OPINI SOSIAL” ini ditulis oleh Ricky Alfandi NIM.12209183081, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S., M.Pd. Kata kunci: Persepsi, Baca, Sosial, Mojok.co Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan persepsi pembaca terhadap media online Mojok.co sebagai sarana minat baca dan wadah opini sosial. Manfaat penelitian ini agar media online Mojok.co selalu memberikan berbagai informasi sebenar-benarnya dan dikemas dengan cara yang menarik agar mampu mengenalkan dunia literasi dan wadah opini sosial. Kerangka konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persepsi pembaca terhadap media online Mojok.co. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian mix method yakni gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. peneliti memberikan angket terlebih dahulu kepada responden, kemudian peneliti melakukan wawancara kepada sejumlah narasumber berdasarkan angket yang telah dianalisis. Temuan dalam penelitian ini pada metode kuantitatif adalah diketahui bahwa Aspek kognitif memperoleh hasil 93,21% dan total skor 775 atau sangat setuju. Berikut ini menunjukkan bahwa pembaca sangat setuju bahwa media online Mojok.co bisa mempermudah mereka dalam minat baca dan sebagai wadah opini sosial. Sedangkan aspek afektif memperoleh hasil 91,38% dan total skor 760. Hal ini menunjukkan bahwa pembaca sangat setuju bahwa media online Mojok.co membuat mereka senang mengetahui opini sosial lewat media online Mojok.co. Sedangkan hasil dari penelitian menggunakan metode kualitatif ini adalah, media online Mojok.co memiliki manfaat untuk meningkatkan minat baca dan wadah opini sosial. Namun di sisi lain deskripsi informasi yang disampaikan kurang lengkap sehingga harus membuka halaman websitenya terlebih dahulu untuk membaca deskripsi yang lengkap. Pada aspek kognitif, mendapat respon positif atau sangat setuju. Mereka mengatakan, bahwa efek dari melihat konten media online Mojok.co bisa meningkatkan minat baca dan wadah opini sosial. Selain itu, media online Mojok.co juga bisa menjadi sarana belajar yang gratis.Untuk aspek afektif seluruh narasumber merespon dengan persepsi yang bagus dan positif, baik dari segi desain, konten, bahasa dan penyampaian. Mereka berpendapat bahwa dengan adanya media online Mojok.co membuat suasana membaca opini sosial menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183081 RICKY ALFANDI
Date Deposited: 23 May 2024 01:13
Last Modified: 23 May 2024 01:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46167

Actions (login required)

View Item View Item