PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

ELLYANA RAHMAWATI, 126204201063 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rahmawati, Ellyana. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat TInggi Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL(Problem Base Learning), Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Aritmatika Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran matematika yang masih menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada guru (teacher centered). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran PBL(Problem Based Learning) ini diharapkan siswa dapat belajar secara mandiri serta ikut berperan aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran PBL(Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi aritmatika sosial, (2) mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning ) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi aritmatka sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif . jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Pada penelitian ini sampling yang digunakan adalah probability sampling jenis sampel acak atau simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 351. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 32 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kemudian data dianalisis menggunakan uji t sampel independent. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi aritmatika sosial dengan nilai signifikan sebesar 0.034, (2) Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi aritmatika sosial dengan nilai Effect size sebesar 0,5406

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201063 ELLYANA RAHMAWATI
Date Deposited: 29 May 2024 07:50
Last Modified: 29 May 2024 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46260

Actions (login required)

View Item View Item