ANALISIS PEMANFAATAN READING CORNER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SDN 1 REJOSARI TULUNGAGUNG

DEFI LAILATUL CAHYATI, 126310203084 (2024) ANALISIS PEMANFAATAN READING CORNER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SDN 1 REJOSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan mendeskripsikan untuk menegetahui pemanfaatan reading corner dalam menumbuhkan motivasi belajar pada siswa di SDN 1 Rejosari Tulungagung, hambatan dalam mengoptimalkan fungsi reading corner. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan vevikasi data (penarikan kesimpulan), dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yang berupa tringalusi teknik sumber, teknik dan waktu. pengamatan dilakukan dengan cara melihat dan mengamati fenomena di SDN 1 Rejosari. Kemudian kejadian itu dicatat sebagaimana terjadi pada keadaan yang sebenarnya. Teknik wawancara mendalam ini dilakukan kepada para siswa, dan guru. Sementara itu, dokumen dan penelitian ini berupa informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan Analis Pemanfaatan Reading Corner Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SDN 1 Rejosari Tulungagung. Hasil penelitian ini yaitu dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, sekolah dapat membuat program seperti program pojok baca, gerakan 15 menit sebelum KBM sebelum KBM dimulai siswa diwajibkan membaca terlebih dahulu selama 15 menit, serta story telling (bercerita) siswa menceritakan kembali buku yang mereka baca. Hambatan dalam mengoptimalkan reading corner yaitu adanya desain tata letak yang kurang menarik dan kesadaran siswa terhadap koleksi. Solusi dalam mengoptimalkan reading corner tersebut sekolah harus memfasilitasi dan mendesain kembali pojok baca agar terlihat menarik serta siswa harus sadar dan disiplin dalam menjaga dan merawat buku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310203084 DEFI LAILATUL CAHYATI
Date Deposited: 29 May 2024 08:02
Last Modified: 29 May 2024 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46302

Actions (login required)

View Item View Item