SOFIA AYU FIRDA PRATANTI, 12207193075 (2024) TATA KELOLA KEARSIPAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Tata Kelola Kearsipan Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MAN Kota Blitar”, ini ditulis oleh Sofia Ayu Firda Pratanti, NIM 12207193075. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. NIP. 197605182007012021. Kata Kunci: Manajemen Kearsipan, Mutu Layanan Administrasi, MAN Kota Blitar Kearsipan bagi organisasi/lembaga pendidikan merupakan penunjang bagi kegiatan operasional. Melalui kearsipan, informasi data otentik dapat diperoleh dengan cepat dan tepat. Perjalanan organisasi dapat dilihat dari data-data/arsip yang tersimpan. Dengan adanya sistem pengelolaan arsip yang baik maka akan menentukan kualitas dan kecepatan dalam pelayanan baik pelayanan manual maupun menggunakan peralatan. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penciptaan Kearsipan untuk Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MAN Kota Blitar? (2) Bagaimana Penggunaan dan Pemeliharaan Kearsipan untuk Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MAN Kota Blitar? (3) Bagaimana Penyimpanan Akhir Arsip untuk Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MAN kota Blitar? Dalam penelitian ini penulis menggunakan: Jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di MAN Kota Blitar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala sekolah, Kepala Tata Usaha serta Guru. Keabsahan data dilakukan dengan cara credibiliy dan triangulasi, sebab penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri dari atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penciptaan kearsipan tahap awal yang dilakukan yaitu dimulai dari penciptaan arsip seperti mengonsep surat, bentuk surat, dan lainnya. Kemudian penerimaan surat, sampai dengan pegaturan arsip sehingga dokumen dapat ditemukan dengan mudah ketika diperlukan. (2) Penggunaan dan Pemeliharaan kegiatan kearsipan yaitu Arsip yang sudah disimpan pada suatu organisasi tertentu, terkadang adanya peminjaman oleh atasan dan pegawai dalam suatu organisasi ataupun orang diluar organisasi. Arsip yang dipinjam juga harus dicari dan ditemukan dengan cepat, sehingga dalam peminjaman arsip membutuhkan waktu untuk penemuan kembali arsip. Pemeliharaan arsip adalah usaha penjagaan arsip agar kondisi fisiknya tidak rusak selama masih mempunyai nilai guna. (3) Penyimpanan Akhir Arsip yaitu Ada arsip yang memiliki nilai kegunaan abadi serta ada yang dimiliki kegunaan jangka waktu tertentu. Sebagian besar arsip yang disimpan oleh lembaga memiliki nilai kegunaan yang jangka waktunya terbatas, oleh karena itu arsip semacam itu suatu ketika harus disusut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Ilmu Perpustakaan > Kearsipan Layanan Publik Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193075 SOFIA AYU FIRDA PRATANTI |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:12 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46322 |
Actions (login required)
View Item |