HANNA ISTIFADA, 126205202153 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KINTAR (KINCIR PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI MI DARUL ULUM KALIBATUR KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (730kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hanna Istifada. NIM. 126205202153. 2024. Skripsi dengan judul “Pengembangan Media KINTAR (Kincir Pintar) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MI Darul Ulum Kalibatur Kalidawir Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Media KINTAR, Kemampuan, Membaca Permulaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media dalam sebuah pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada siswa kelas I usia 6-7 tahun, siswa sering mengalami kesulitan dalam membaca. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca permulaan yang masih kurang ataupun media yang digunakan dalam pembelajaran di kelas terbatas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media KINTAR (Kincir Pintar) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan merujuk pada model pengembangan ADDIE. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah kualitas dari media KINTAR (Kincir Pintar) pada uji coba ahli dan uji coba lapangan. Pada uji coba ahli media memperoleh skor sebesar 89,2%. Uji coba ahli materi memperoleh skor sebesar 90,6%. dan uji coba ahli bahasa memperoleh skor sebesar 91,6%. Selanjutnya uji coba lapangan dengan uji coba perorangan memperoleh skor 88,3%, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 86,8%, dan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 83,75%. Hasil uji coba diatas menunjukkan bahwa produk media KINTAR (Kincir Pintar) ”sangat layak” digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Darul Ulum Kalibatur Kalidawir Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202153 HANNA ISTIFADA |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:00 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46360 |
Actions (login required)
View Item |