AHDA ZULIANA ANGGRAINI, 1880512220013 (2024) PENGEMBANGAN LPKD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI PATIANROWO NGANJUK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan LPKD Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segi Empat dan Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Patianrowo Nganjuk” ini ditulis oleh Ahda Zuliana Anggraini, NIM. 1880512220013, Pembimbing I Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D., Pembimbing II Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: LKPD, CPS, Berpikir Kritis. Siswa sebagai generasi mendatang haruslah memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik sebagai bekal dalam bersaing di era globalisasi yang penuh tantangan. Guru harus berupaya untuk mengubah pembelajaran yang lebih menarik salah satunya dengan menentukan model pembelajaran yang efektif untuk mempermudah proses belajar mengajar sehingga penyampaian materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan diingat siswa. Alternatif model pembelajaran yang memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). CPS mampu mendorong siswa untuk aktif, dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, dan melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Creative Problem Solving (CPS) yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi segi empat dan segitiga siswa kelas VIII SMP Negeri di Patianrowo Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model ADDIE yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Patianrowo dan SMP Negeri 2 Patianrowo. Hasil penelitian menurut penilaian ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria valid. Hal ini berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa. Adapun penilaian berdasarkan hasil uji respon guru dan siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat praktis. Hal ini berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran matematika khususnya pada materi segi empat dan segitiga. Dari hasil posttest menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan presentase peningkatannya berada di efek sangat tinggi yaitu 80,2%. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi segi empat dan segitiga.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220013 AHDA ZULIANA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46501 |
Actions (login required)
View Item |