PUTRI WULANDARI, 126204202122 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN SOAL PISA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT SISWA KELAS IX MTSN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Soal PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Siswa Kelas IX MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Putri Wulandari, NIM. 126204202122, Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Kemampuan Literasi Matematika, Soal PISA, Gaya Kognitif Field Dependent, Gaya Kognitif Field Independent. Kemampuan literasi matematika yang dimiliki oleh siswa dapat memudahkan siswa untuk memahami, menerapkan, dan menafsirkan konsep matematika dalam berbagai konteks kehidupan nyata. Kemampuan literasi matematika memungkinkan siswa untuk mengatasi tantangan matematis yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Dalam memecahkan soal PISA yang menuntut pemahaman matematika dalam konteks nyata, setiap siswa memiliki perbedaan psikologis yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dalam belajar yaitu Field Dependent dan Field Independent. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam memecahkan soal PISA ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent kelas IX MTsN 2 Trenggalek; 2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam memecahkan soal PISA ditinjau dari gaya kognitif Field Independent kelas IX MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan soal PISA tergolong sedang karena hanya mampu memenuhi 3 indikator saja yaitu kemampuan komunikasi, kemampuan merumuskan strategi, serta kemampuan penalaran dan pemberian alasan. Namun kurang memenuhi 4 indikator yaitu kemampuan kemampuan matematisasi, kemampuan menggunakan bahasa simbolik, formal, dan teknik, serta operasi, kemampuan representasi dan kemampuan penggunaan alat matematika.; 2) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan soal PISA terggolong tinggi karena memenuhi 7 indikator yaitu kemampuan komunikasi, kemampuan matematisasi, kemampuan representasi, kemampuan penalaran dan pemberian alasan, kemampuan merumuskan strategi, kemampuan menggunakan bahasa simbolik, formal, dan teknik, serta operasi dan kemampuan penggunaan alat matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Literasi Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Masalah Matermatika Psikologi > Psikologi kognitif |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202122 PUTRI WULANDARI |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 01:05 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 01:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46509 |
Actions (login required)
View Item |