KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 5 DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ELVANIA LAILATUL NURAZIZAH, 126205203205 (2024) KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 5 DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Penggunaan Metode Pembelajaran untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung" yang ditulis oleh Elvania Lailatul Nurazizah, NIM. 126205203205, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.l. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, Kesulitan Belajar, Akidah Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwasanya dalam proses belajar mengajar di sebuah lembaga sering kali terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar, terlebih pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kesulitan belajar tersebut harus diatasi oleh seorang pendidik. Cara mengatasi kesulitan belajar tersebut dengan kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode yang kreatif tersebut diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai seoptimal mungkin. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan. kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan ketekunan atau keajegan. pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode ceramah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung yaitu guru bertindak kreatif dalam memilih metode ceramah sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, memanfaatkan buku-buku yang tersedia misalnya LKS. melakukan variasi-variasi dalam pembelajaran yaitu menyanyi dan bercerita, mengkombinasikan metode ceramah dengan metode tanya jawab. 2) Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode diskusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung yaitu guru bertindak kreatif dalam memilih metode diskusi agar peserta didik aktif bertanya, bertanggung jawab, dan bekerjasama, mengkombinasikan metode diskusi dengan metode Game Method. 3) Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode tanya jawab untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung yaitu guru bertindak kreatif dengan melakukan variasi-variasi dalam pembelajaran yaitu ice breaking dan menyanyi. Guru bertindak kreatif dengan memberikan sebuah reward berupa poin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203205 ELVANIA LAILATUL NURAZIZAH
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:26
Last Modified: 04 Jun 2024 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46579

Actions (login required)

View Item View Item