IMPLEMENTASI PAI DALAM KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA AL- HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

M.Umarul Faruki, 2811123136 (2016) IMPLEMENTASI PAI DALAM KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA AL- HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 .pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi PAI Dalam Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Al- Hikmah Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh M. Umarul Faruki, NIM. 2811123136, pembimbing Dr.H. Abdul Manab,M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa Pendidikan Agama Islam merupakan pondasi utama dalam mencetak generasi yang berakhlakul karimah, sehingga sekolah atau madrasah dituntut untuk mengoptimalkan pembelajaran agama Islam dalam kurikulum 2013 yang sekarang menjadi kurikulum baru di Indonesia. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah alasan diimplementasikannya PAI dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? (2) Bagaimanakah implementasi PAI dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar ? (3) Bagaimanakah hambatan implementasi PAI dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar ? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk memahami bagaimana alasan diimplementasikannya PAI dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar.(2) Untuk memahami bagaimana implementasi PAI dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (3) Untuk memahami bagaimana hambatan implementasi PAI dalam kurikulum 2013 untuk prestasi belajar siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan . Dan untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui trianggulasi, ketekunan/keajegan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Temuan hasil penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Alasan diimplementasikannya PAI dalam kurikulum 2013 di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar yaitu secara yuridis karena memang ada peraturan dari pemerintah yaitu Kemendikbud yang mengharuskan diimplementasikannya PAI dalam kurikulum 2013,dimana sekolah atau madrasah harus menyesuaikan dengan peraturan tersebut. Dan juga karena tuntutan di bawah lembaga pendidikan Islam. (2) Implementasi PAI dalam kurikulum 2013 di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar yaitu sudah dua semester ini MA Al-Hikmah Langkapan mengimplementasikan PAI dalam kurikulum 2013, di MA Al-Hikmah Langkapan silabus sudah disiapkan oleh Pemerintah, media pembelajaran PAI dalam kurikulum 2013 dilihat dari kompetensi dasarnya, menggunakan pendekatan saintifik, pembelajaran di dalam kelas menjadi aktif dan siswa bertambah semangat dalam belajar dengan adanya motivasi dari guru, dan untuk penilaian pembelajaran PAI dalam kurikulum 2013 di MA Al-Hikmah masih menggunakan penilaian KTSP (3) Hambatan implementasi PAI dalam kurikulum 2013 di MA Al-Hikmah Langkapan yaitu kurangannya fasilitas, sarana dan prasarana, buku, bimbingan yang masih belum maksimal, masalah metode pembelajaran, dimana siswa masih belum siap dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut karena faktor mayoritas siswa adalah dari kalangan yang kurang mampu baik dari segi ekonomi dan juga kemampuan/kompetensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SPd.I 2811123136 M.UMARUL FARUKI
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:44
Last Modified: 24 Jan 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4661

Actions (login required)

View Item View Item