MUHAMMAD MUTTAQIN 'ALWI, 126201203211 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama Dalam Membentuk Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di MTsN 2 Blitar” ditulis oleh Muhammad Muttaqin Alwi. NIM 126201203211. Selaku mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Sulthon Aziz Lc. M.H. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Moderasi Beragama, Toleransi Moderasi beragama merupakan jalan tengah dalam artian seimbang dalam menyikapi baik persoalan ajaran agama dan seimbang dalam menyikapi fenomena ataupun melihat realitas yang terjadi. Moderasi beragama ini muncul dan di gencarkan oleh pihak Kementerian Agama yang sudah tertuang dalam Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 dan ditindaklanjuti dengan penerbitan peraturan Menteri Agama No. 18 Tahun 2020 yang merencanakan implementasi moderasi beragama yang dilakukan secara berkesinambungan. MTsN 2 Blitar merupakan salah satu madrasah unggulan di kabupaten Blitar yang pro aktif dalam menjalankan gagasan dari Kementrian Agama. Implementasi moderasi beragama di MTsN 2 Blitar dimulai pada tahun ajaran 2023/2024 sehingga moderasi beragama menjadi topik hangat bagi warga di MTsN 2 Blitar. Tujuan penelitian ini, (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan moderasi beragama dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan moderasi beragama dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Blitar. (3) Untuk medeskripsikan evaluasi moderasi beragama dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Blitar. Hasil penelitian (1) Perencanaan moderasi beragama dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Blitar dalam perencanaan nilai moderasi beragama disisipkan pada Modul ajar sebagai langkah pertama pembelajaran berbasis moderasi beragama., (2) pelaksanaan merupakan penerapan dari Modul ajar. Sedangakan evaluasi meliputi dua asesmen yaitu asesmen formatif dan sumatif. (3) Dampak positif implementasi pembelajaran berbasis moderasi beragama pada mata pelajaran SKI di MTsN 2 Blitar meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, menambah pengetahuan dan wawasan, memiliki sikap moderat ketika menghargai berbedaan. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan bertambahnya materi pembelajaran dan metode yang digunakan guru membosankan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203211 MUHAMMAD MUTTAQIN 'ALWI |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:23 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46637 |
Actions (login required)
View Item |