PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG

ULFIA DIANA NAFIISAH, 126204201067 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oelh Ulfia Diana Nafiisah, NIM. 126204201067, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Negeri Sayyid A li Rahmatullah, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Lingkaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang disebabkan pembelajaran di sekolah belum dilaksanakan secara optimal, dimana proses pembelajaran masih mengandalkan guru sebagai pemberi seluruh informasi materi matematika, pemecahan soal matematika yang harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru yang tidak memberi peserta didik kesempatan dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Sumber data diperoleh dari hasil post-test pada kedua kelas sampel. Adapun uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. (2) Besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung adalah sebesar 0,283 atau 28,3% yang berdasarkan kriteria dari Gravetter dan Wallnau tergolong kedalam kategori efek besar. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan penelitia yang serupa dan diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan instrumen penelitian serta memperhatikan indikator model pembelajarn problem posing dengan detail.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201067 ULFIA DIANA NAFIISAH
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:33
Last Modified: 05 Jun 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46677

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item