PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAFASAN KELAS XI MIPA MAN 3 TULUNGAGUNG

RIZCA LAILI NUR OCTAVIA, 126208202070 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAFASAN KELAS XI MIPA MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung” ditulis oleh Rizca Laili Nur Octavia, NIM. 126208202070. Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Iqbal Filayani, S. Si., M. Si Kata kunci: Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, model Problem Based Learning praktikum, sistem pernafasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementas pembelajaran yang ada di lapangan masih cenderung mengikuti pola pembelajaran yang berpusat pada peran guru, dengan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses belajar. Hal ini tercermin dalam situasi pembelajaran yang ada di MAN 3 Tulungagung, di mana dominasi peran guru masih sangat terasa dan siswa belum memiliki peran yang aktif dalam aktivitas belajar mereka. Bahkan tidak sedikit dari mereka banyak yang tidur dan memainkan ponsel ketika pembelajaran sedang berlangsung. Hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa kurangnya minat mereka dalam belajar, dampak dari hal ini adalah tidak adanya peningkatan hasil belajar kognitif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran untuk memberikan fasilitasi yang lebih baik kepada siswa, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan dukungan pemberian praktikum. Model ini sesuai untuk memacu pola pikir siswa melalui pemberian tantangan berupa masalah. Sementara pemberian praktikum dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar sehingga mereka terlibat aktif dalam belajar dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah dengan praktikum untuk mengeksplorasi pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap minat belajar siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung pada materi sistem pernapasan. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas kelas XI MAN 3 Tulungagung pada materi sistem pernapasan. (3) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung pada materi sistem pernapasan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan 25 siswa dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol sengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes (pretest dan posttes). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, uji Independent Sample test, dan uji MANOVA melalui bantuan aplikasi SPSS 25.0. for Windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap minat belajar siswa materi sistem pernafasan kelas XI IPA MAN 3 tulungagung. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan uji Independent Sample test dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0.05. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa materi sistem pernafasan kelas XI IPA MAN 3 tulungagung. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan uji Independent Sample test dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0.05. (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap minat dan belajar siswa materi sistem pernafasan kelas XI IPA MAN 3 tulungagung. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan uji MANOVA dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202070 RIZCA LAILI NUR OCTAVIA
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:07
Last Modified: 06 Jun 2024 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46729

Actions (login required)

View Item View Item