PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IX DI MTs NEGERI 1 TRENGGALEK

ANGGUN FITRI KARTIKA DEWI, 126204201021 (2024) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IX DI MTs NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Literasi Numerasi Siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Trenggalek ini ditulis oleh Anggun Fitri Kartika Dewi, NIM. 126204201021, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Disposisi Matematis Berdasarkan hasil skor PISA, literasi numerasi siswa Indonesia masih rendah. Literasi numerasi yang rendah ini disebabkan oleh kesalahan konseptual dan prosedur kerja yang dilakukan oleh siswa. Untuk meningkatkan literasi numerasi siswa, perlu adanya sikap positif terhadap matematika atau dikenal dengan istilah disposisi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap literasi numerasi siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Trenggalek, (2) untuk mengetahui besar pengaruh disposisi matematis terhadap literasi numerasi siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Trenggalek tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 382 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah kelas IX A, IX B, dan IX C dengan jumlah 96 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur disposisi matematis siswa dan tes untuk mengukur literasi numerasi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji chi-square dengan bantuan SPSS 23.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap literasi numerasi siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Trenggalek, (2) besar pengaruh disposisi matematis terhadap literasi numerasi siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Trenggalek sebesar 0,457 atau 45,7%. Siswa yang berdisposisi matematis rendah dominan memiliki literasi numerasi rendah yang berada pada level di bawah 1 sampai dengan level 1, siswa yang berdisposisi matematis sedang dominan memiliki literasi numerasi sedang yang berada pada level 2 sampai dengan level 4, dan siswa yang berdisposisi matematis tinggi dominan memiliki literasi numerasi tinggi yang berada pada level 5 sampai dengan level 6. Besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap literasi numerasi siswa menunjukkan bahwa pentingnya peran disposisi matematis terhadap upaya peningkatan literasi numerasi siswa. Oleh karena itu, guru perlu memperhatikan dan mendukung siswa-siswanya untuk berpikir dan bertindak positif terhadap matematika agar siswa memiliki literasi numerasi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan guru dapat memperhatikan disposisi matematis dan literasi numerasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik. Diharapkan siswa dapat percaya diri dalam menggunakan matematika, berusaha membaca berbagai macam buku dan sumber lain selain buku paket sekolah, tekun mengerjakan tugas-tugas matematika, dan berani bertanya terkait sesuatu yang belum dimengerti. Selain itu, diharapkan siswa memperbanyak mengerjakan latihan soal bentuk literasi numerasi. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan mencari variabel lain yang turut mempengaruhi literasi numerasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201021 ANGGUN FITRI KARTIKA DEWI
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:33
Last Modified: 06 Jun 2024 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46739

Actions (login required)

View Item View Item