Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Diskusi Kelas VII di Mts PSM Jeli Karangrejo Kab.Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016

Imam syuhro wardi, `2811123109 (2017) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Diskusi Kelas VII di Mts PSM Jeli Karangrejo Kab.Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Diskusi Kelas VII di MTs PSM Jeli Karangrejo, Kab.Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Imam Syuhro Wardi, NIM 2811123109, Pembimbing Dr.H. Akhyak, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana supaya dalam kelas, siswa mampu lebih aktif dengan model pembelajaran aktif melalui metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih, Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran sekarang ini yang pada umumnya bersifat monoton dan menjenuhkan. Dengan pembelajaran yang aktif, siswa akan merasa bahwa dirinya mampu mengembangkan hasil pemikirannya dengan cara yang efisien untuk menyalurkan pemikirannya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan keaktifan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi di MTs PSM Jeli? (2) Bagaimana meningkatkan keaktifan bertanya siswa pada mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi di MTs PSM Jeli? (3) Bagaimana meningkatkan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi di MTs PSM Jeli? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatkan keaktifan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi di MTs PSM Jeli, untuk mendeskripsikan peningkatkan keaktifan bertanya siswa pada mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi di MTs PSM Jeli, dan untuk mendiskripsikan peningkatkan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi di MTs PSM Jeli. MTs PSM Jeli dijadikan sumber dalam penerapan model tersebut karena di sekolah tersebut sudah jarang dalam menerapkan metode diskusi. Penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi partisipan, studidokumentasi.Dalam data ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan triangulasi data yakni menggabungkan beberapa teknik pengumpulan data sehingga menghasilkan data yang konsisten, tuntas dan pasti. Semua data dianalisis dengan pendekatan sosiologis dan analisis deskriptif yang menggunakan logika induksi. Kajian ini menunjukkan bahwa: Metode diskusi bisa mempermudah siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Siswa akan lebih berpartisipasi terhadap pelajaran, siswa dilatih berfikir lebih kritis dan tidak asal bicara, dan yang lebih penting adalah murid bisa meningkatkan keberanian berbicara dan berpendapat. Dalam pemanfaatan metode diskusi, juga akan memudahkan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Materi akan lebih mudah difahami oleh siswa dan tugas siswa pun menjadi lebih ringan. Kendala dalam berdiskusi ini adalah ketika siswa enggan memberikan tanggapan terhadap materi yang dihadirkan seorang guru, tetapi rasa malu siswa bisa diminimalisir dengan cara siswa tersebut memberikan masukan kecil kepada teman satu kelompoknya, dan hal tersebut mampu mengembangkan pemikiran siswa dan sudah mampu mengutarakan kepada temannya sendiri, jika hal ini bisa konsisten diterapkan maka bisa membuat siswa lebih imajinatif dalam memberikan tanggapan dan bahkan mampu mengutarakan langsung tanpa rasa malu. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa mata pelajaran fiqih melalui metode diskusi kelas VII di MTs PSM Jeli Karangrejo Kab.Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 bisa meningkatkan siswa dalam memecahkan masalah, meningkatkan siswa untuk bertanya, dan meningkatkan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran fiqih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 2811123109` imam syuhro wardi
Date Deposited: 25 Jan 2017 01:06
Last Modified: 25 Jan 2017 01:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item