PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SHALAT BERJAMA'AH DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

TITIS DWI ANDRIANI, 126201203312 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SHALAT BERJAMA'AH DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia cenderung terfokus pada pengembangan aspek intelektual dibandingkan aspek karakter dan spiritual peserta didik. Akibatnya, nilai-nilai spiritual seperti shalat sering diabaikan sehingga kesadaran beribadah peserta didik menjadi menurun. Seperti yang terjadi di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung, meskipun terdapat program-program keagamaan seperti Madrasah Diniah, shalat berjama’ah, dan kegiatan-kegiatan lainnya, masih ada sebagian peserta didik yang enggan mengikuti, karena kurangnya kesadaran mereka dalam beribadah. Hal ini menunjukkan perlunya peran aktif guru Pendidikan Agama Islam dalam membantu menumbuhkan kesadaran beribadah di kalangan peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai edukator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung?, (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung?, (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung?. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai edukator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung, (2) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung, (3) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan berupa model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan penelitian, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai edukator dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung adalah dengan memberikan pengetahuan dan arahan terkait shalat berjama’ah dan menjadi teladan bagi peserta didik. (2) Guru Pendidikan Agama Islam juga memiliki peran sebagai fasilitator yaitu dengan menyediakan fasilitas yang mendukung pelaksanaan shalat berjama’ah dan mengatasi kesulitan peserta didik terkait pelaksanaan shalat berjama’ah. (3) Guru Pendidikan Agama Islam juga berperan sebagai motivator yaitu dengan memberikan motivasi melalui nasihat-nasihat setelah shalat Zuhur berjama’ah, memberikan apresiasi pada kelas yang tertib dalam melaksanakan shalat berjama’ah, dan memberikan hukuman yang mendidik kepada peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kesadaran, Shalat Berjama’ah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203312 TITIS DWI ANDRIANI
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:41
Last Modified: 12 Jun 2024 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46851

Actions (login required)

View Item View Item