IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL PADA KELAS TINGGI DI MIN 4 TULUNGAGUNG

DYAH FEBRI TRI MABRURIN, 126205203206 (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL PADA KELAS TINGGI DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural pada Kelas Tinggi di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Dyah Febri Tri Mabrurin, NIM. 126205203206 pada Tahun 2024 yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter berbasis Multikultural, Kelas Tinggi Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran peneliti terhadap kondisi pendidikan yang ada di Indonesia terutama pendidikan karakter serta dengan adanya multikultural Indonesia. Pada saat ini pengetahuan tentang keragaman budaya atau multikultural perlu dimiliki seluruh peserta didik untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin akan terjadi akibat perbedaan-perbedaan yang ada. Cara yang cukup efektif untuk memberikan pemahaman adalah melalui pendidikan. Pemahaman tersebut bisa dibentuk melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah, yaitu dengan menggunakan pembelajaran berbasis multkultural. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses perencanaan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural di MIN 4 Tulungagung? 2) Bagaimana proses pelaksanaan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi di MIN 4 Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural dalam pembelajaran kelas tinggi di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Dimana dalam penelitian ini didasarkan pada situasi yang bersifat natural, wajar atau keadaan yang sebenarnya, tanpa adanya manipulasi dan tidak dimanipulasi ekspresinya. Lokasi penelitian berada di MIN 4 Tulungagung. Data yang diambil oleh peneliti berasal dari observasi partisipan, wawancara secara mendalam, serta dokumentasi kepada kepala madrasah, waka kurikulum/koordinator bidang kurikulum, kepala tata usaha (TU), guru kelas tinggi (kelas 4A, 4B, 4C, 5A, 5B, 6A, dan 6B). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi di MIN 4 Tulungagung ini dengan membuat perencanaan dengan mengadakan program atau kegiatan berupa pembiasaan, mengadakan rapat kerja pada masa pelaksanaan satu tahun ke depan, dalam merencanakan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi dengan menyesuaikan visi dan misi madrasah, mensosialisasikan program atau kegiatan kepada orang tua peserta didik, mengadakan pembinaan kepada guru, dalam merencanakan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi dengan menyesuaikan kurikulum merdeka, dalam merencanakan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi secara teratur, sistematis, dam terukur, memberlakukan sikap adil dan tidak membeda-bedakan kepada seluruh warga MIN 4 Tulungagung sebagai langkah perencanaan, dan menyelipkan pendidikan karakter berbasis multikultural pada Rancangan Pelaksanaan Pembelarajaran (RPP). 2) pelaksanaan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi di MIN 4 Tulungagung dilakukan dengan menjalankan program atau kegiatan sesuai dengan visi dan misi madrasah, melaksanakan program atau kegiatan dengan pembiasaan, dalam pelaksanaannya sudah ada peningkatan yang positif dan bagus dari tahun ke tahunnya, melaksanakan pelaporan peserta didik pada setiap semesternya, melaksanakan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural sesuai dengan kurikulum merdeka, melaksanakan program atau kegiatan yang rutin dan insidental, melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler maupun kegiatan sosial, pada pelaksanaannya sudah tergolong baik. 3) evaluasi pelaksanaan penerapan pendidikan karakter berbasis multikultural pada kelas tinggi di MIN 4 Tulungagung ini dilakukan dengan melibatkan peserta didiknya pada setiap program atau kegiatan yang dijalankan, mencatat dan menyampaikan hasil pengamatan kepada peserta didik, wali kelas selalu mempresentasikan perkembangan peserta didiknya setiap satu bulan sekali, mengadakan forum rapat, pemberian reward atau penghargaan, melakukan pengawasan kepada peserta didik, memaksimal kinerja guru, menilai peserta didik dengan mengacu pada rubrik penilaian, mengevaluasi secara tertulis maupun tidak tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Sosiologi Agama > Budaya
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203206 DYAH FEBRI TRI MABRURIN
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:49
Last Modified: 13 Jun 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item View Item