ARINA MANA SIKANA, 126207203081 (2024) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik di SMKN 1 Udanawu Blitar”, ini ditulis oleh Arina Mana Sikana, NIM 126207203081, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. NIP. 196902052003121005. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Minat Peserta Didik Strategi pemasaran jasa pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam lembaga pendidikan. Kurangnya strategi pemasaran yang baik dalam lembaga pendidikan dapat berakibat pada sulitnya lembaga pendidikan tersebut untuk dikenal dan diminati masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk melaksanakan pemasaran jasa pendidikan secara efektif dan efisien. Sehingga dalam lembaga pendidikan sangat diperlukan adanya strategi pemasaran yang yang berjalan dengan baik guna untuk menarik minat peserta didik dan masyarakat sekitar. Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana segmentation pasar yang digunakan dalam meningkatkan minat peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar? 2)Bagaimana targeting pasar yang digunakan dalam meningkatkan minat peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar? 3) Bagaimana positioning pasar yang digunakan dalam meningkatkan minat peserta didik di SMKN 1 Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka humas, waka kurikulum, guru dan peserta didik. Analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Segmentasi di SMKN 1 Udanawu Blitar dalam meningkatkan minat peserta didik dengan menerapkan 4 pendekatan segmentasi yaitu segmentasi demografis yang meliputi siswa lulusan SMP/MTs negeri maupun swasta,menerima peserta didik bukan beragama islam saja, menerima peserta didik disabilitas segmentasi geogrfais meliputi wilayah blitar bagian barat dan sekitarnya, segmentasi psikografis berdasarkan minat calon peserta didik pada jurusan yang ditawarkan, dan segmentasi perilaku didasarkan pada harapan pelanggan jasa pendidikan yang menginginkan bekerja setelah lulus sekolah. 2) Targetting menerapkan 2 pola peliputan pasar yaitu, spesialisasi pada produk jasa pendidikan dengan menawarkan produk yang dimiliki oleh SMKN 1 Udanawu Blitar dan peliputan pasar melayani secara penuh kepada pelanggan jasa pendidikan. 3) Positioning SMKN 1 Udanawu Blitar untuk meningkatkan minat peserta didik mengedepankan program unggulan yang dimiliki, tidak memiliki pesaing dengan sekolah lain, Dalam memasarkan sekolah lebih mengedepankan dan memanfaatkan media sosial (Website, instragam, youtube dan whatsapp).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203081 ARINA MANA SIKANA |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:38 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46896 |
Actions (login required)
View Item |