FITRI NUR FADHILA, 126204203181 (2024) PENGARUH METODE MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2023/2024. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fadhila, Fitri, Nur. 2024. Pengaruh Metode Mnemonic Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas IX SMPN 2 Kalidawir Tulungagung tahun 2023/2024. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Nur Cholis, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Metode mnemonic, Penalaran matematis Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan oleh guru. Masalah tersebut terjadi akibat kurangnya pemahaman konsep terhadap materi pembelajaran, serta ketidakmampuan siswa dalam mengaplikasikan sebuah rumus pada masalah matematika, yang pada akhirnya menghambat kemampuan siswa dalam menggunakan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode mnemonic terhadap kemampuan penalaran matematis siswa serta berapa besar efektifitas dari metode mnemonic terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi-eksperimen dan desain posttest-only nonequivalent group. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Kalidawir, yang berjumlah 61 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IX C sebagai kelas eksperimen. Sumber data penelitian terdiri dari (1) data primer, yaitu hasil posttest, dan (2) data sekunder, yaitu informasi mengenai subjek penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan uji Cohen's d dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23.0. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh metode mnemonic terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang kelas IX SMPN 2 Kalidawir dengan sig. (2-tailed)= 0,001<0,05 berdasarkan hasil uji T, (2) Besar efektifitas atau effect size dari metode mnemonic terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang kelas IX SMPN 2 Kalidawir. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh metode mnemonic terhadap kemampuan penalaran matematis dan memiliki efektifitas yang besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203181 FITRI NUR FADHILA |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46906 |
Actions (login required)
View Item |