PENGEMBANGAN E-MODUL PANCA INDRA BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI UNGGULAN DARUSSALAM

NUR AINI, 126205201059 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PANCA INDRA BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI UNGGULAN DARUSSALAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aini, Nur. (2024). Pengembangan E-Modul Panca Indra Berbantuan Book Creator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Unggulan Darussalam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah Ilmu Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Book Creator Penggunaan media pembelajaran yang tepat merupakan salah satu strategi dalam pembelajaran yang dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan hasil yang lebih baik. Berdasarkan pengamatan peneliti pada salah satu lembaga di MI Unggulan Darussalam Cangkring, hasil belajar siswa pada mata pelajaran panca indra masih kurang. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran guru masih menggunakan media berupa buku paket yang tidak berwarna dan papan tulis sehingga peserta didik sulit memahami materi panca indra yang bersifat abstrak. Oleh karena itu diperlukan media penunjang pembelajaran yang tepat sehingga hasil belajar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis, rancangan, pengembangan, implmentasi dan evaluasi e-modul panca indra berbantuan book creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Unggulan Darussalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan, rancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi e-modul panca indra berbantuan book creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Unggulan Darussalam. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan research and development dengan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pengembangan e�modul panca indra berbantuan book creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Unggulan Darussalam mendapatkan hasil validasi ahli media, ahli bahasa dan ahli materi dengan kriteria layak digunakan. Kualitas e-modul yang sudah diimplementasikan kepada peserta didik berdasarkan hasil uji coba mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kategori baik. Selain itu berdasarkan hasil belajar siswa menggunakan pre test dengan hasil 60,74% dan post test mendapatkan hasil 83,33%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul panca indra berbantuan book creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Unggulan Darussalam memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201059 NUR AINI
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:44
Last Modified: 10 Jun 2024 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46926

Actions (login required)

View Item View Item