PENGARUH MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS 7 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 3 BLITAR

LATANSA PUTRI WULANDARI, 126201201048 (2024) PENGARUH MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS 7 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengn judul “Pengaruh Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 7 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Latansa Putri Wulandari, NIM. 126201201048. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Kreativitas, Akidah Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Blitar dan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang masih menggunakan model yang konvensional. Untuk itu salah satu solusi untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan menggunakan model mind mapping dalam pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model mind mapping terhadap kreativitas peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model mind mapping dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen angket, observasi dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Sampel T-Test. Dapat dilihat melalui uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai rata-rata hasil posttest peserta didik kelas VII B adalah 63.81 dan nilai rata-rata posttest kelas VII C adalah 59.68. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201048 LATANSA PUTRI WULANDARI
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:38
Last Modified: 10 Jun 2024 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46964

Actions (login required)

View Item View Item