KREATIVITAS GURU DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MIN 4 TULUNGAGUNG

ILAA 'AMALIYATUL HUSNA, 126205202101 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Kreativitas Guru Dalam Mewujudkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di MIN 4 Tulungagung “ ditulis oleh Ilaa ‘Amaliyatul Husna, NIM.126205202101, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci : Kreativitas, Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu persoalan pendidikan yang sedang dihadapi bangsa adalah pendidikan karakter religius. Saat ini banyak ditemukan masalah tentang rendahnya karakter religius peserta didik, Adanya segala kemajuan dalam segala aspek kehidupan justru banyak yang mengabaikan tuntutan agama sehingga menyebabkan pergeseran nilai-nilai kehidupan. Akibatnya banyak yang hanyut dalam kemajuan zaman tanpa memperhatikan lagi ajaran agamanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mewujudkan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MIN 4 Tulungagung?, (2) Bagaimana langkah – langkah kreativitas guru dalam mewujudkan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MIN 4 Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Data dianalisis dengan cara mereduksi data dengan menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci, kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi data. Hasil penelitian : (1) kreativitas guru dalam mewujudkan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yaitu melantunkan asma’ul husna, muroja’ah surat pendek,sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, berdo’a sebelum dan setelah selesai pembelajaran, peringatan hari – hari besar Islam, hafalan Al-Qur’an metode Ummi (2) langkah – langkah kreativitas guru dalam mewujudkan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yaitu pembiasaan ini dilakukan setiap hari secara bersama – sama dan Dan semua pembiasaan itu sudah disertai dengan langkah – langkah kreativitas guru MIN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202101 ILAA 'AMALIYATUL HUSNA
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:06
Last Modified: 12 Jun 2024 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47030

Actions (login required)

View Item View Item