EVI QURROTI A'YUNIN, 126205202144 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MI NURUL ISLAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (797kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (178kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung” ditulis oleh Evi Qurroti A’yunin, NIM. 126205202144, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Menghafal, Program Tahfidz. Konteks penelitian ini didasari oleh adanya program tahfidz yang banyak diterapkan di lembaga pendidikan islam baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas. Dalam menghafalkan Al-Qur’an ada beberapa metode yang digunakan, salah satunya yaitu Metode Ummi. Keberhasilan siswa menghafalkan Al-Qur’an salah satunya ditentukan dari implementasi yang dilakukan guru yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari metode tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui metode ummi pada program tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui metode ummi pada program tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui metode ummi pada program tahfidz di MI Nurul Islam Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti memperoleh data melalui sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data (data display), dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas. Hasil penelitian ini adalah : (1) Perencanaan yang dilakukan guru mulai dari menentukan minimal standar kelulusan bagi siswa, mencari calon guru tahfidz, dan persiapan mental dan media pembelajaran yang digunakan mengajar, (2) Pelaksanaan yang dilakukan guru ada yang belum sesuai dengan standar yakni satu kelas terdiri lebih dari 15 anak. Pelaksanaan yang lain sudah sesuai yakni pembagian kelas sesuai dengan kemampuan peserta didik, pelaksanaan tahfidz 4 kali dalam satu minggu, guru selalu memberikan semangat dan bersikap sabar ketika ada yang kesulitan membaca atau menghafal Al-Qur’an, faktor pendukung dalam pelaksanaan yaitu fasilitas yang memadai, semangat peserta didik dan dukungan wali murid, faktor penghambatnya adalah kedisiplinan guru dan kesulitan siswa saat membaca dan menghafal Al-Qur’an, (3) Evaluasi dilakukan dari pihak sekolah dan pihak guru tahfidz, namun ada kendala yang dihadapi yaitu peserta didik yang sakit menjelang ujian. Dampak dari program tahfidz ini yaitu beberapa peserta didik mengikuti dan menjuarai lomba tahfidz.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202144 EVI QURROTI A'YUNIN |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:14 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47031 |
Actions (login required)
View Item |