ULYA HASANAH, 126208201024 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ulya Hasanah, NIM 126208201024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M., Kata Kunci: Think-Pair-Share, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA tergolong rendah dibandingkan dengan nilai mata pelajaran lainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA tergolong rendah dibandingkan dengan nilai mata pelajaran lainnya. Pendidik yang cenderung memberikan materi dengan model pembelajaran langsung yang sepenuhnya masih berpusat pada guru menyebabkan proses pembelajaran berlangsung kurang variatif. Hal tersebut akan berdampak pada keaktifan siswa karena siswa tidak bisa berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran yang akhirnya berpengaruh pada hasil belajarnya.Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat digunakan model pembelajaran lain yang lebih bisa memancing keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan khususnya pada mata pelajaran IPA adalah Think-Pair-Share. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan LKPD terhadap keaktifan belajar siswa materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap berbantuan LKPD keaktifan dan hasil belajar siswa materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data keaktifan belajar peserta didik. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh dokumentasi kegiatan di kelas VII-A dan VII-B sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan LKPD terhadap keaktifan belajar materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,022. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,022 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan LKPD terhadap hasil belajar materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test menggunakan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan LKPD terhadap keaktifan dan hasil belajar materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji manova menggunakan hasil angket dan nilai N-Gain hasil belajar yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208201024 ULYA HASANAH |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 06:19 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 06:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47045 |
Actions (login required)
View Item |