PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA BMT AGRITAMA BLITAR

MUHAMMAD ABDUL MUNIR, 2823123099 (2017) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA BMT AGRITAMA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, Pengaruh Bauran Pemasaran dalam Peningkatan Jumlah Nasabah di BMT Agritama Blitar ini ditulis oleh Muhammad Abdul Munir dibimbing oleh Bapak Jusuf Bachtiar, S.S.,M.Pd. Kata kunci : Bauran Pemasaran, Peningkatan Jumlah Nasabah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan-persaingan ketat lembaga keuangan syari’ah seperti halnya BMT di Indonesia. Dengan adanya persaingan tersebut menuntut perusahaan untuk melihat berbagai kesempatan yang ada dan mencari strategi untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Untuk menghadapi persaingan antara lembaga perbankan yang semakin ketat, bank sebagai lembaga keuangan perlu mengkomunikasikan setiap strategi pemasaran. Variabel dari strategi pemasaran atau bauran pemasaran adalah produk, harga, tempat dan promosi. Faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah nasabah ialah lokasi, pelayanan, reputasi, profit (bagi hasil). Oleh karena itu sebuah lembaga harus mampu memposisikan diri dan menerapkan bauran pemasaran yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah produk berpengaruh signifikan dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar? (2) Apakah harga berpengaruh signifikan dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar? (3) Apakah tempat berpengaruh signifikan dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar? (4) Apakah promosi berpengaruh signifikan dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar? (5) Apakah produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh signifikan produk dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar (2) Untuk menguji pengaruh signifikan harga dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar (3) Untuk menguji pengaruh signifikan tempat dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar (4) Untuk menguji pengaruh signifikan promosi dalam keputusan nasabah dalam memilih BMT Agritama Blitar (5) Untuk menguji pengaruh produk, harga, tempat dan promosi dalam keputusan nasabah BMT Agritama Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah analisis asosiatif, teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel jenuh, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari angket yang disebar pada responden karyawan BMT Agritama Blitar. Pengujian penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t variabel produk berpengaruh secara positif dan signifikan dalam peningkatan jumlah nasabah BMT Agritama Blitar dengan nilai signifikan t sebesar 0,046 yang lebih kecil dari 0,05. Untuk hasil uji t variabel harga berpengaruh secara positif dan signifikan dalam peningkatan jumlah nasabah BMT Agritama Blitar dengan signifikan t sebesar 0,038 yang lebih kecil dari 0,05. Untuk hasil uji t variabel tempat berpengaruh secara positif dan signifikan dalam peningkatan jumlah nasabah BMT Agritama Blitar dengan signifikan t sebesar 0,010 yang lebih kecil dari 0,05. Untuk hasil uji t variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan dalam peningkatan jumlah nasabah BMT Agritama Blitar dengan nilai signifikan t sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan uji F diketahui variabel produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan dalam peningkatan jumlah nasabah. Dimana diperoleh nilai f hitung sebesar 10,410 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil uji Adjusted R Squre pada model ini adalah 0, 807 hal ini berarti 80,7% variabel peningkatan jumlah nasabah bisa dijelaskan variabel produk, harga, tempat dan promosi, sedangkan sisanya (100% - 80,7% = 19,3%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823123099 MUHAMMAD ABDUL MUNIR
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:34
Last Modified: 30 Jan 2017 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item