KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 ARJOSARI PACITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM PADA MATERI POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS

KUNICA M MAWARNI, 126204202099 (2024) KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 ARJOSARI PACITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM PADA MATERI POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (385kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 2 Arjosari dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus” ini ditulis oleh Kunica M Mawarni, NIM.126204202099, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Menyelesaikan Soal AKM. Kebijakan yang dikeluarkan untuk mencapai standar pendidikan nasional, menteri pendidikan melakukan perubahan pada Ujian Nasional dengan digantinya Asessmen Nasional yang didasarkan pada hasil Program Penilaian Siswa Internasional (PISA), yang menunjukkan bahwa kemampuan belajar siswa di sekolah dasar dan menengah di Indonesia berada di urutan bawah. Asesmen Nasional (AN) terdiri dari tiga bagian, dan salah satunya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk menilai pencapaian siswa dari hasil belajar kognitif meliputi literasi dan numerasi. Dalam mencapai keberhasilan dalam Asesmen Kompetensi Minimum dapat diupayakan dengan meningkatkan kemampuan siswa salah satunya dengan meningkatkan kemampuan numerasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) Untuk mengetahui kemampuan numerasi rendah peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM pada materi pokok bahasan persamaan garis lurus. (2) Untuk mengetahui kemampuan numerasi sedang peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM pada materi pokok bahasan persamaan garis lurus. (3) Untuk mengetahui kemampuan numerasi tinggi peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM pada materi pokok bahasan persamaan garis lurus. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek terdiri dari 6 siswa, dimana diperoleh 2 siswa memiliki kemampuan awal rendah, 2 siswa memiliki kemampuan sedang dan 2 siswa memiliki kemampuan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data mengunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah hanya menguasai indikator kemampuan numerasi yang pertama yaitu dapat menerapkan angka dan simbol. (2) Peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika sedang mampu menguasai dua indikator kemampuan numerasi yaitu menerapkan angka dan simbol dan menganalisis informasi.(3) Peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi maka mampu menguasai semua indikator kemampuan numerasi yaitu dapat menerapkan angka dan simbol, menganalisis informasi dan menginterpretasi untuk mengambil keputusan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202099 KUNICA M MAWARNI
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:41
Last Modified: 12 Jun 2024 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47063

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item