PENGARUH TIKTOK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MIN 2 BLITAR

GALIH NUR ANGGRAINI, 126205201074 (2024) PENGARUH TIKTOK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (640kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Tiktok terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Galih Nur Anggraini, NIM. 126205201074, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Arpinda Syifa’a Awalin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Tiktok, Minat Belajar, Hasil Belajar. Kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain. Salah satu contoh kemajuan di bidang teknologi adalah internet. Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa 74.02% orang mengakses internet untuk mendapat informasi atau berita dan pengggunaan social media. Salah satu sosial media yang sedang ramai digunakan oleh pelajar adalah Tiktok. Penggunaan Tiktok yang berlebihan dapat memberikan pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana minat dan hasil belajar siswa di MIN 2 Blitar? 2) Apakah ada pengaruh Tiktok terhadap minat belajar siswa di MIN 2 Blitar 3) Apakah ada pengaruh Tiktok terhadap hasil belajar siswa di MIN 2 Blitar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan tingkatan minat dan hasil belajar siswa MIN 2 Blitar 2) Untuk menjelaskan pengaruh Tiktok terhadap minat belajar siswa 3) Untuk menjelaskan pengaruh Tiktok terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian korelatif. Teknik pengumpulan data pada peneilitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 MIN 2 Blitar sejumlah 114 siswa kemudian diambil 51% siswa sebagai sampel dengan jumlah 58 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa di MIN 2 Blitar 17% dalam kategori tinggi, 66,3% siswa dalam kategori sedang dan 15,3% siswa dalam kategori rendah. Sedangkan hasil belajar siswa di MIN 2 Blitar kategori tinggi 27,6% kategori sedang 56,9% dan kategori rendah 15,5% dan dapat dikatakan 100% tuntas karena nilai rata-rata siswa diatas KKM yang telah ditentukan oleh sekolah 2) Ada pengaruh tiktok terhadap minat belajar siswa MIN 2 Blitar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai uji signifikansi adalah 0,016. Sehingga 0,016 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak 3) Ada pengaruh tiktok terhadap minat belajar siswa MIN 2 Blitar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai signifikansi adalah 0,026. Sehingga 0,026 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Media Sosial
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201074 GALIH NUR ANGGRAINI
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:28
Last Modified: 08 Jul 2024 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47135

Actions (login required)

View Item View Item