SA'IDATUL MAULIDIYAH, 126204203171 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS X MA AL –HIKMAH LANGKAPAN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (494kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret di Kelas X MA Al-Hikmah Langkapan Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Sa’idatul Maulidiyah, NIM.126204203171, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Literasi, Kemampuan Matematis, Menyelesaikan Soal Cerita. Literasi matematika adalah kemampuan siswa dalam memahami, menggunakan, dan menerapkan matematika dalam berbagai konteks. Diketahui pada observasi bahwa literasi matematika siswa X-B MA Al-Hikmah Langkapan Blitar cukup rendah.Penelitian yang akan dilakukan akan berkaitan dengan literasi matematika pada siswa dalam hal pemecahan masalah, pengembangan konsep, dan penyajian hasil matematis yang ditinjau dari kemampuan matematika yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan literasi matematik siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan yang berkemampuan matematika rendah, (2) untuk mendeskripsikan literasi matematik siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan yang berkemampuan matematika sedang, dan (3) untuk mendeskripsikan literasi matematik siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan yang berkemampuan matematika tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik digunakan adalah tes dan wawancara untuk menggali data. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kemampuan lierasi matematika siswa.dalam penelitian ini dipilih 6 orang siswa sebagai subjek penelitian. 2 orang siswa mewakili setiap kemampuan literasi matematik siswa. Adapun pemilihan subjek ini didasarkan pada hasil tes literasi serta pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil penenilitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan matematika yang diberikan kepada 27 siswa, 8 siswa (30%) memiliki kemampuan matematika tinggi, 11 siswa (40%) memiliki kemampuan matematika sedang, dan 8 siswa (30%) memiliki kemampuan matematika rendah. Siswa dengan kemampuan matematika rendah umumnya memiliki kemampuan matematika yang rendah. Namun, ada beberapa siswa dengan kemampuan matematika rendah namun memiliki kemampuan matematik dan literasi yang tinggi. Siswa dengan kemampuan matematika rendah cenderung tidak mampu menulis lengkap dalam penyelesaian, dan kesimpulan soal. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan matematik tinggi, tetapi literasinya kurang. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi umumnya juga memiliki kemampuan literasi tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Pola Bilangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203171 SA'IDATUL MAULIDIYAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:37 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47136 |
Actions (login required)
View Item |