DEWI ALVIN AULIA, 2814123056 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GANDUSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divions (STAD) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Dewi Alvin Aulia. NIM. 2814123056, pembimbing Dr. Dewi Asmarani M. Pd. Kata Kunci: Kooperati STAD, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi siswa di masa sekarang, baik dari sekolah dasar dan menengah masih rendah disebabkan model pembelajaran yang dipelajari masih bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang menarik yang bisa membuat siswa aktif, peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Model pembelajaran ini melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat (mengemukakan pikirannya sendiri) dan dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam kelompoknya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) “Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Divions) STAD Dengan Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016?”, (2) “Berapa Besar Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Teams Achievement Division) STAD Dengan Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016?”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) “Untuk Menjelaskan Ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016, (2) Untuk Mengetahui besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandusari Tahun Ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu, teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-A dan VII-B. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-test dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil hitung menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 5,301 > 2,021 yang artinya H_o ditolak dan H_a diterima. Besarnya pengaruh pembelajaran metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar kelas VII di SMP Negeri 2 Gandusari tahun ajaran 2015/2016 adalah 93, 3%. Dengan demikian metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123056 DEWI ALVIN AULIA |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 04:16 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4715 |
Actions (login required)
View Item |