ISMIYATUL KAROMAH, 1880505220012 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCIENCE ADVENTURER DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT DAN MOTIVASI BELAJAR IPAS KELAS V DI MIN 04 BLITAR. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (809kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Science Adventurer dalam Meningkatkan Semangat dan Motivasi Belajar IPAS Kelas V di MIN 04 Blitar” ditulis oleh Ismiyatul Karomah, NIM. 1880505220012 dengan pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Motohar, M.Pd dan Dr. Luk luk Nur Mufida, M.Ag. Kata kunci : Media Science Adventurer, Motivasi belajar, Pengembangan Media Pembelajaran, Semangat Belajar, Penenitian dan pengembangan media pembelajaran Science Adventurer dilatar belakangi oleh menurunnya semangat dan motivasi belajar IPAS, karena perubahan kurikulum, peningkatan grade materi serta sistem pembelajaran yang berjalan menuju ke arah digital membuat peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran, dengan gaya mengajar guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan terkesan monoton, membuat peserta didik mengalami kemunduran semangat dan motivasi belajar. Sehingga perlu dilakukan sebuah inovasi pada media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan dapat membantu guru dalam memaksimalkan perannya sebagai motivator dan fasilitator. Penelitian dan pengembangan terfokus pada pengaruh media pembelajaran terhadap perubahan semangat dan motivasi belajar peserta didik, dengan rumusan masalah, meliputi (1) Bagaimana desain media pembelajaran Science Adventurer pada materi pembelajaran IPAS kelas V di MIN 04 Blitar ? (2) Bagaimana kelayakan produk media pembelajaran Science Adventurer pada materi pembelajaran IPAS kelas V di MIN 04 Blitar ? (3) Bagaimana penerapan media pembelajaran Science Adventurer pada materi pembelajaran IPAS kelas V di MIN 04 Blitar ? (4) Bagaimana efektifitas media pembelajaran Science Adventurer pada materi pembelajaran IPAS kelas V di MIN 04 Blitar ? Penelitian dan pengembangan dilaksanakan dengan beberapa tujuan, meliputi (1) Menerapkan konsep desain media pembelajaran Science Adventurer pada pembelajaran IPAS sebagai upaya mengatasi permasalahan yang menyebabkan berkurangnya semangat dan motivasi belajar pada peserta didik, khususnya di MIN 04 Blitar; (2) Menganalisis kelayakan produk media pembelajaran Science Adventurer pada pembelajaran IPAS sebagai upaya mengatasi permasalahan yang menyebabkan berkurangnya semangat dan motivasi belajar pada peserta didik, khususnya di MIN 04 Blitar; (3) Menerapkan media pembelajaran Science Adventurer pada pembelajaran IPAS sebagai upaya mengatasi permasalahan yang menyebabkan berkurangnya semangat dan motivasi belajar pada peserta didik, khususnya di MIN 04 Blitar; (4) Menganalisis efektifitas produk media pembelajaran Science Adventurer pada pembelajaran IPAS, sebagai sarana dalam mengatasi permasalahan yang menyebabkan berkurangnya semangat dan motivasi belajar pada peserta didik, khususnya di MIN 04 Blitar. Penelitian yang dilakukan dengan pengembangan media pembelajaran, meliputi (1) Pengembangan produk media pembelajaran Science Adventurer berbasis permainan edukatif yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik; (2) Produk media yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi dengan prosentase 93,4% dan hasil dari validasi tiga ahli materi pembelajaran dan 88,6% dari ahli media pembelajaran yang terkualifikasi “Sangat Valid”; (3) Produk media pembelajaran Science Adventurer yang dikembangkan ditujukan untuk mengatasi penurunan semangat dan motivasi belajar peserta didik kelas V di MIN 04 Blitar; (4) Media pembelajaran Science Adventurer menunjukkan prosentase 81,92% terhadap ketuntasan belajar peserta didik dengan 88,61% tingkat keefektifan termasuk kedalam kategori “Sangat Valid” dan dikuatkan dengan prosentase hasil observasi mencapai 95% perubahan semangat belajar dan 92% perubahan motivasi belajar peserta didik. Sehingga media pembelajran Science Adventurer berbasis permainan edukatif dapat dinyatakan sangat efektif dalam mengatasi permasalahan kemunduran semangat dan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220012 ISMIYATUL KAROMAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47213 |
Actions (login required)
View Item |