Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016

Nofita Maulida Dewi, 2814123124 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa cenderung pasif, siswa kurang fokus dalam pelajaran dan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa maka dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Misalnya dengan pembelajaran kooperatif, salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah Contextual Teaching and Learning. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan CTL dalam pembelajaran matematika siswa SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelasVIII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran matematika, untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol yang terdiri dari 12 kelas. Sampel penelitiannya yaitu kelas VIII H dan kelas VIII J dengan menggunakan teknik sampling acak atau simple random sampling. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrument validitas dan reliabelitas dan didalam uji instrumen terdapat tiga uji prasyarat hipotesis yaitu uji homogenitas, uji normalitas dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Thitung = 0,165 dan Ttabel = 1,671 yaitu pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 60. Karena Thitung < Ttabel atau 2,631 < 1,671 maka H0 diterima. Sebagai konsekuensi diterimanya H0 maka H1 yang diajukan ditolak. Dengan ditolaknya H1 yang diajukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa “ Tidak Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016 dan Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Thitung = 2,631 dan Ttabel = 1,671 yaitu pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 60. Karena Thitung>Ttabel atau 2,631>1,671 maka H0 ditolak. Sebagai konsekuensi ditolaknya H0 maka H1 yang diajukan diterima. Dengan diterimanya H1 yang diajukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa “Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123124 Nofita Maulida Dewi
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:58
Last Modified: 30 Jan 2017 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4727

Actions (login required)

View Item View Item