Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-C Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di MTsN Blitar Tahun Ajaran 2015/2016

Laylis Andriana, 2814123102 (2017) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-C Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di MTsN Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Depan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB VI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang beragam. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal. Seperti halnya pada materi persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah materi yang memerlukan penyelesaian yang cukup tinggi karena terdapat beberapa cara dalam proses penyelesaiannya terutama dalam menentukan nilai variabel. Sehingga pada setiap materi tersebut siswa diharapkan benar-benar menguasai konsep yang diberikan. Karena konsep yang telah dipelajari akan digunakan untuk mempelajari materi berikutnya. Sehingga diharapkan peneliti dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan sederhana dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan lanjut dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016? (3) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C mengatur strategi dan taktik dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016? (4) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C menyimpulkan dan mengevaluasi dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan sederhana dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan lanjut dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C mengatur strategi dan taktik dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. (4) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C menyimpulkan dan mengevaluasi dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C MTsN Blitar sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Tes, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria tingkat kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan memberikan penjelasan sederhana, pada aspek ini sebagian besar siswa sudah mampu menganalisis pertanyaan dan memfokuskan pertanyaan. (2) Kemampuan memberikan penjelasan lanjut, pada aspek ini masih banyak siswa yang belum mampu menganalisis asumsi. (3) Kemampuan mengatur strategi dan taktik, pada aspek ini siswa sudah mampu menentukan solusi serta menuliskan jawaban dari permasalahan dalam soal. Selain itu, juga masih ada yang kurang teliti dalam menghitung. (4) Kemampuan menyimpulkan dan mengevaluasi, pada aspek ini masih banyak siswa yang belum menuliskan kesimpulan dari jawaban mereka. Selain itu, masih banyak juga siswa yang belum mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah. Pada dasarnya siswa mampu menganalisis pertanyaan, mampu memfokuskan pertanyaan, kurang mampu mengidentifikasi asumsi, mampu menentukan serta menuliskan jawaban dari permasalahan dalam soal, tetapi tidak mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah. Pada umumnya hal ini terjadi karena siswa kurang memahami konsep materi pembelajaran. Pada penelitian ini, siswa kurang memahami konsep materi persamaan linear satu variabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123102 Laylis Andriana
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:07
Last Modified: 30 Jan 2017 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item