Laylis Andriana, 2814123102 (2017) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-C Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di MTsN Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
1. Depan.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB VI.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (76kB) |
||
Text
10. Lampiran.pdf Download (6MB) |
||
Text
4. BAB II.pdf Download (230kB) |
||
Text
5. BAB III.pdf Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang beragam. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal. Seperti halnya pada materi persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah materi yang memerlukan penyelesaian yang cukup tinggi karena terdapat beberapa cara dalam proses penyelesaiannya terutama dalam menentukan nilai variabel. Sehingga pada setiap materi tersebut siswa diharapkan benar-benar menguasai konsep yang diberikan. Karena konsep yang telah dipelajari akan digunakan untuk mempelajari materi berikutnya. Sehingga diharapkan peneliti dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan sederhana dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan lanjut dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016? (3) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C mengatur strategi dan taktik dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016? (4) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII-C menyimpulkan dan mengevaluasi dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan sederhana dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C memberikan penjelasan lanjut dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C mengatur strategi dan taktik dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. (4) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII-C menyimpulkan dan mengevaluasi dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan linear satu variabel di MTsN Blitar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C MTsN Blitar sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Tes, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria tingkat kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan memberikan penjelasan sederhana, pada aspek ini sebagian besar siswa sudah mampu menganalisis pertanyaan dan memfokuskan pertanyaan. (2) Kemampuan memberikan penjelasan lanjut, pada aspek ini masih banyak siswa yang belum mampu menganalisis asumsi. (3) Kemampuan mengatur strategi dan taktik, pada aspek ini siswa sudah mampu menentukan solusi serta menuliskan jawaban dari permasalahan dalam soal. Selain itu, juga masih ada yang kurang teliti dalam menghitung. (4) Kemampuan menyimpulkan dan mengevaluasi, pada aspek ini masih banyak siswa yang belum menuliskan kesimpulan dari jawaban mereka. Selain itu, masih banyak juga siswa yang belum mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah. Pada dasarnya siswa mampu menganalisis pertanyaan, mampu memfokuskan pertanyaan, kurang mampu mengidentifikasi asumsi, mampu menentukan serta menuliskan jawaban dari permasalahan dalam soal, tetapi tidak mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah. Pada umumnya hal ini terjadi karena siswa kurang memahami konsep materi pembelajaran. Pada penelitian ini, siswa kurang memahami konsep materi persamaan linear satu variabel.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123102 Laylis Andriana |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 07:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4728 |
Actions (login required)
View Item |