تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام نمودج تعلم اللغة المجتمع (CLL) لصفّ العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٢ جومبانج للعام الدراسى٢٠٢٣/٢٠٢٤م

KHANA KOTRUN NADA, 126202202043 (2024) تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام نمودج تعلم اللغة المجتمع (CLL) لصفّ العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٢ جومبانج للعام الدراسى٢٠٢٣/٢٠٢٤م. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi pembelajaran Bahasa Arab Model Community Laguage Learning (CLL) kelas X MAN 2 Jombang tahun ajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Khana Kotrun Nada, NIM 126202202043, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Model Community Laguage Learning Latar belakang penelitian ini adalah diperoleh informasi bahwa di MAN 2 Jombang dalam mengajar khususnya pelajaran Bahasa Arab biasanya menggunakan Model Pembelajaran Community Language Learning (CLL), yang lebih efektif dan efisien , dengan implementasi model ini siswa-siswi juga lebih aktif bertanya, berdiskusi, dan mengungkapkan pendapat masing-masing. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti salah satu model dari beberapa model pembelajaran Bahasa Arab yakni Implementasi Model Pembelajaran Community Language Learning (CLL) yang diterapkan di Mandrasah Aliyah Negeri 2 Jombang. Rumusan Masalah : (1Bagaimana Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab model Community Language Learning kelas X MAN 2 JOMBANG Tahun Ajaran 2023/2024 ? (2 Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pembelajaran model Community language learning kelas X MAN 2 JOMBANG ? Tujuan Penelitian : (1 Untuk mendeskripsikan implementasi Pembelajaran model Community Language Learning (CLL) dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas X di MAN 2 JOMBANG tahun ajaran 2023/2024. (2Untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pembelajaran model Community language learning kelas X MAN 2 JOMBANG Metodologi Penelitian : (1 Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, (2Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, (3Metode analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan 4) Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil Penelitian : (1Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Model Community Language Learning kelas X MAN 2 Jombang ada tiga tahap yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi : a. Tahap Persiapan b. Tahap Pelaksanaan c. Tahap Evaluasi(2 Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Implementasi pembelajaran Model Community Language Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Jombang yaitu :. a. Faktor pendukung : 1. Penguasaan kosa kata pada sebagian siswa yang sudah bagus, sehingga ketika praktek berlangsung siswa bisa menagkap pembelajaran dengan baik. 2. Belajar Bahasa Arab berkelompok dengan saling bekerja sama untuk mencapai suatu kepahaman. 3. Lingkungan yang nyaman dan asik. 4. Posisi guru sebagai konselor dan peserta didik sebagai klien dalam belajar siswa mampu berkonsultasi jika terdapat materi yang bekum dipahami secara jelas. 5. Adanya sarana dan prasarana yang memadai sehingga siswa bisa untuk fokus belajar tanpa ada hambatan. 6. Media pembelajaran dapat memudahkan dan memotivasi siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar. b. Faktor Penghambat : 1. Latar belakang siswa yang belum lancar dalam menulis,membaca,berbicara bahasa Arab, sehingga guru harus lebih maksimal dalam mengajar. 2. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk siswa dalam memahami pembelajaran Bahasa Arab. 3. Guru harus memberikan waktu tambahan dengan cara menyelesaikannya di rumah/ asrama / pondok agar siswa belajar kelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202043 KHANA KOTRUN NADA
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:32
Last Modified: 20 Jun 2024 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47304

Actions (login required)

View Item View Item