ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

RICHAFATUL FITRIAH, 126208201007 (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Richafatul Fitriah, NIM 126208201007, pembimbing Nanang Purwanto, M. Pd. Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Klasifikasi Makhluk Hidup Pembaharuan kurikulum dari Kurikulum 2013 yang direvisi menjadi Kurikulum Merdeka Belajar telah menimbulkan beragam pandangan dari berbagai sisi. Tahun ajaran baru 2023, MTsN 6 Tulungagung mulai menerapkan kurikulum merdeka yang mana pembelajaran harus benar-benar mengimplementasikan pembelajaran sesuai isi kurikulum tersebut agar tercapai tujuan pendidikan Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara, adanya kurikulum baru membuat para guru di MTsN 6 Tulungagung kebingungan dalam penerapan kurikulum merdeka. Dalam konteks kurikulum merdeka belajar,guru dan siswa diberikan kebebasan penuh dalam mengelola proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk mengembangkan inovasi dan mandiri dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Penyelenggaraan kebijakan merdeka belajar memberikan dorongan kepada peran guru, baik dalam pengembangan kurikulum maupun dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan perencanaan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 6 Tulungagung, 2) mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 6 Tulungagung, 3) mendeskripsikan evaluasi dari penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2024 dengan subjek penelitiannya yaitu guru IPA dan siswa kelas VII di MTsN 6 Tulungagung. Analisis data yaitu menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di MTsN 6 Tulungagung menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup meliputi 3 proses yaitu perencanaan, proses pelaksanaan, dan evaluasi. 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan pendidik dengan menganalisis capaian pembelajaran (CP), merancang tujuan pembelajaran (TP), merancang alur tujuan pembelajaran (ATP), menyusun modul ajar, menyiapkan bahan ajar, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan asesment formatif, dan asesmen sumatif. 2) Proses pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. a) kegiatan pendahuluan berupa absensi, menanyakan kabar, dan melakukan apersepsi materi yang disampaikan. b) kegiatan inti yaitu guru menanyakan terkait materi pertemuan sebelumnya kemudian siswa diskusi dan tanya jawab dilanjut penyampaian materi. c) kegiatan penutup yaitu memberikan kesimpulan terkait materi yag telah disampaikan, melakukan refleksi dan pemberian tugas. 3) Evaluasi yang dilakukan berupa penilaian kognitif, penilaian afektif, dan penilaian psikomotorik. penilaian kognitif berupa asesmen formatif dan asesmen sumatif. Penilaian afektif berupa penilaian diri siswa dari kesehariannya baik di kelas maupun di luar kelas dalam berperilaku. Penilaian psikomotorik dengan cara praktik berupa proyek dengan mempresentasikan pengetahuannya terkait materi IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201007 RICHAFATUL FITRIAH
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:02
Last Modified: 20 Jun 2024 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47307

Actions (login required)

View Item View Item