PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 6 BLITAR

SINDY SEPTIANA MASYTA, 126204201043 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa pada Materi Lingkaran Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 6 Blitar ditulis oleh Sindy Septiana Masyta, NIM. 126204201043, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Modified Free Inquiry, Hasil Belajar, Berpikir Kritis. Pembelajaran matematika di era digital 5.0 memiliki peran penting untuk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Namun, beberapa tantangan muncul, seperti persepsi negatif siswa terhadap matematika dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) hadir sebagai solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. MFI menekankan pada eksplorasi, penemuan, dan pemberdayaan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penerapan MFI yang efektif memerlukan pelatihan guru, penyediaan sarana prasarana, dan dukungan orang tua. MFI diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan memperdalam pemahaman konsep matematika pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya 1) pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi lingkaran MTsN 6 Blitar, 2) pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII pada materi lingkaran MTsN 6 Blitar, dan 3) pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII pada materi lingkaran MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan Desain Quasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 159 siswa. Sampel pada penelitian ini, peneliti mengambil dua kelas yaitu VIII.1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman tes dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian diuji menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi lingkaran MTsN 6 Blitar dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05, 2) ada pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII pada materi lingkaran MTsN 6 Blitar dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, dan 3) ada pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII pada materi lingkaran MTsN 6 Blitar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan 0,002 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201043 SINDY SEPTIANA MASYTA
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:00
Last Modified: 25 Jun 2024 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47467

Actions (login required)

View Item View Item