ZUYYINA ILMY AZIZAH, 126202203079 (2024) فعالية طريقة التكرار باستخدام وسائل باوربينت (Powerpoint )في تحسين مهارة القر اءة لطلاب الصف السابع المدرسة المتواسطة الإسلامية الحكومية الأولى تولونج أجونج للعام الدراسي٢٠٢٣ / ٢٠٢٤م. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Zuyyina Ilmy Azizah, NIM : 126202203079, Efektivitas Metode Drill Menggunakan Media Powerpoint dalam meningkatkan Keterampilan Membaca di MTsN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Pembimbing : Machrup Eko Cahyono, M. Pd. I. Kata Kunci : Metode Drill, Media Powerpoint, Keterampilan Membaca Latar Belakang : Siswa seringkali merasa kesulitan dalam mempelajari keterampilan membaca dikarenakan tidak semua dari mereka lulusan dari Madrasah Ibtidaiyah sehingga siswa merasa kesulitan dalam membaca teks arab, dan rendahnya motivasi dan minat siswa dalam membaca, sehingga siswa cepat merasa bosan dalam belajar dan menjadi tidak fokus. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa yang rendah. Untuk menyikapi hal tersebut, guru hendaknya dapat berinovasi dalam memilih metode dan media yang menarik dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa arab. Penggunaan metode dan media yang menarik dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar, dan dapat menghilangkan rasa bosan saat belajar, sehingga menjadikan siswa lebih fokus dalam belajar, dan juga dapat meningkatkan hasil pembelajaran secara signifikan Fokus Penlitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran Bahasa arab menggunakan metode drill dengan powerpoint dalam pembelajaran keterampilan membaca untuk siswa kelas 7 di MTsN 1 Tulungagugung? (2) Bagaimana efektivitas pembelajaran bahasa arab menggunakan metode drill dengan media Powerpoint dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 7 MtsN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dan menggunakan desain pre-test dan post-test. Teknik pengumpulam data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menguunakan Independent Sample T-Test dan rumus Cohen’s Effect Size dengan menggunakan bantuas SPSS 29.0 Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu : (1), dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa arab dengan menggunakan metode drill dengan media Powepoint, dihasilkan 6 tahapan belajar, yaitu : (a) Guru menjelaskan tujuan penelitian, (b) Guru menampilkan Powerpoint sebagai rangsangan terhadap siswa, (c) Guru Mengajarkan keterampilan membaca menggunakan metode Drill dengan media Powerpoint, (d) Guru menggunakan model pembelajaran probing prompting, (e) Guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik, (f) Guru menilai hasil pekerjaan siswa. (2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai efektivitas penggunaan metode drill dengan media Powerpoint dalam pembelajaran keterampilan membaca sebesar 84 % dibuktikan dengan hasil uji cohen’s yaitu 0,99 dan masuk pada kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 126202203079 ZUYYINA ILMY AZIZAH |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47484 |
Actions (login required)
View Item |