PENGARUH GAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BRLAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TAHUN 2015/2016

SITTA ZAMARUDA, 2814123143 (2017) PENGARUH GAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BRLAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (204kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngunut Tahun 2015/2016” ini ditulis oleh Sitta Zamaruda, NIM. 2814123143, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: Gaya, Minat, Hasil Belajar Belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan, ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami siswa. Setiap siswa memiliki gaya belajarnya masing-masing, kita tidak bisa memaksakan seorang anak harus belajar dengan suasana dan cara yang kita inginkan. Kemampuan anak dalam menangkap materi dan pelajaran tergantung dari gaya belajarnya. Minat juga sangat mentukan hasil belajar seseorang. Seseorang yang mempunyai minat akan lebih mudah dalam belajar, berbeda dengan seseorang yang belajar karena paksaan, akan mengalami kesulitan belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar. Banyak anak menurun prestasi belajarnya di sekolah, karena di rumah maupun di sekolah anak dipaksa belajar tidak sesuai dengan gaya dan minat belajarnya. Dalam proses belajar guna memahami materi pelajaran, gaya dan minat belajar sedikit banyak memberikan pengaruhnya, sehingga nantinya juga akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar, 2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, 3) pengaruh gaya dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas X-3 dan X4 di SMA Negeri 1 Ngunut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur gaya dan minat belajar masing-masing siswa. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan perhitungan rumus statistik manual dan dengan bantuan aplikasi SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan hasil uji t variabel gaya belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh pada nilai taraf signifikansi sebesar 0.008 < 0,05 dan nilai > . Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. 2) Tidak ada pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar hal ini dibuktikan hasil uji t variabel minat belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) yang diperoleh nilai taraf signifikansi sebesar 0,927 > 0,05 dan nilai . Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar tidak mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. 3) Adanya pengaruh bersama antara gaya belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, hal ini dibuktikan hasil uji regresi variabel gaya belajar (X1) dan variabel minat belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) yang diperoleh nilai > dengan signifikansi 0,028 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya dan minat belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123143 SITTA ZAMARUDA
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:53
Last Modified: 31 Jan 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4755

Actions (login required)

View Item View Item