PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI PLUS GEMAHARJO II WATULIMO TRENGGALEK

RINA WIDOWATI, 126201203222 (2024) PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI PLUS GEMAHARJO II WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Rina Widowati, NIM. 126201203222, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Peningkatan Kedisiplinan / Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak terjadi perilaku menyimpang karena kurangnya kedisiplinan. Tidak sedikit perilaku menyimpang itu terjadi di lingkungan sekolah. Perilaku tidak disiplin terjadi di sekolah menunjukkan bahwa terjadi permasalahan serius dalam hal karakter disiplin pada diri peserta didik. Melihat fenomena tersebut maka perlu adanya pembiasaan-pembiasaan dalam pembentukan karakter disiplin. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah dengan mengembangkan cara dalam pembiasaan-pembiasaan kegiatan keagamaan yang mengharapkan peserta didik di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek untuk mengetahui dan menjalankan pembiasaan kegiatan keagamaan yang dilakukan dengan penuh kedisiplinan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan shalat dhuha berjamaah di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek ? (2) Bagaimana peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan baca tulis Al-Qur’an di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek ? (3) Bagaimana peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan tahfidz Al-Qur’an di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan shalat dhuha berjamaah di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan baca tulis Al-Qur’an di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan tahfidz Al-Qur’an di MI Plus Gemaharjo II Watulimo Trenggalek Menggunakan metode penelitian kualitatif dan peneliti sebagai key instrument. Hasil penelitian (1) Adapun hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah adalah cukup memuaskan, peserta didik lebih disiplin dalam menjalankan shalat baik dirumah maupun disekolah serta mampu mengikuti dengan baik peraturan yang ditetapkan oleh madrasah dalam shalat dhuha berjamaah. (2) Adapun hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan baca tulis Al-Qur’an adalah cukup memuaskan, peserta didik mampu disiplin dalam mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh madrasah dalam pelaksanaan baca tulis AlQur’an. (3) Adapun hasil dari peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pembiasaan tahfidz Al-Qur’an adalah cukup memuaskan, peserta didik mampu mengikuti dengan baik dan disiplin peraturan yang ditetapkan oleh madrasah dalam pelaksanaan tahfidz AlQur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203222 RINA WIDOWATI
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:01
Last Modified: 04 Jul 2024 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47550

Actions (login required)

View Item View Item