Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kunir.

Fahdiana Lia, 2814123106 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kunir. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan mayoritas siswa bahwa pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit terutama dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Siswa kurang mampu menentukan masalah dan merumuskannya karena aktivitas pembelajaran lebih banyak didominasi guru dibandingkan dengan siswa, sebagian besar siswa terbiasa menghafal tanpa dibarengi dengan pengembangan kemampuan berfikir kreatif dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir, (4) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VIII-7 dengan jumlah siswa 40 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-8 dengan jumlah siswa 36 sebagai kelas eskperimen. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kreativitas dan hasil belajar matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan menggunakan metode konvensional. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Dari analisis disimpulkan bahwa: (1) nilai sig = 0,00 < 0,05 dan thitung = 7,25 > ttabel = 1,992 pada taraf signifikansi 5% maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir”, (2) besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir adalah 1,68, dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s tergolong large atau tinggi dengan prosentase sebesar 94,5%, (3) nilai sig = 0,00 < 0,05 dan thitung = 4,86 > ttabel = 1,992 pada taraf signifikansi 5% maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir”, (4) besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir adalah 1,12, dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s tergolong large atau tinggi dengan prosentase sebesar 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123106 Lia fahdiana
Date Deposited: 06 Feb 2017 01:51
Last Modified: 06 Feb 2017 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item View Item