Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan Strategi Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus di MTsN Tulungagung

FITRI INAYAH, 2814123080 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan Strategi Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus di MTsN Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAG. AWAL.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitri Inayah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan Strategi Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus di MTsN Tulungagung. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung, Pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Index Card Match, Hasil Belajar Kegiatan pembelajaran yang kurang memberikan kesempatan siswa untuk memahami konsep dengan benar, suasana belajar yang monoton dan lebih berpusat pada guru akan memberikan dampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang mampu membantu siswa memahami materi dengan benar dan melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satu model dan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa dan melibatkan peran siswa secara aktif adalah perpaduan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan strategi Index Card Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi persamaan garis lurus di MTsN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitan Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tulungagung yang berjumlah 356 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII-E dengan 42 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-G dengan 41 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi persamaan garis lurus di MTsN Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung=3,260, sedangkan t_tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,000. Karena t_hitung>t_tabel, maka H_o ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123080 FITRI INAYAH
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:11
Last Modified: 16 Feb 2017 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item