ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

ALFIRA PUTRI APRILLIA, 126204202074 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran Matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran Matematika. Penguasaan akan pemahaman konsep matematis sangat penting bagi siswa agar dapat menguasai kompetensi dasar lainnya dalam belajar Matematika maupun dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Aljabar menjadi salah satu materi yang memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari sehingga diperlukan pemahaman konsep yang baik pada materi ini. Dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan aspek yang sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam belajar. Motivasi belajar memiliki hubungan yang positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kategori tinggi, 2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kategori sedang, dan 3) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kategori rendah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VII-A MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung dengan pengelompokan 2 siswa bermotivasi tinggi, 2 siswa bermotivasi sedang, dan 2 siswa bermotivasi rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan 1) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung memiliki kemampuan pemahaman konsep yang tinggi di mana ia mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematis, 2) siswa yang memiliki motivasi belajar sedang kemampuan pemahaman konsep matematisnya lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah di mana ia mampu memenuhi 3-4 indikator pemahaman konsep matematis, dan 3) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah cenderung memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang rendah di mana ia hanya mampu memenuhi 1 bahkan tidak sama sekali indikator pemahaman konsep matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202074 ALFIRA PUTRI APRILLIA
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:33
Last Modified: 10 Jul 2024 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47671

Actions (login required)

View Item View Item