Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan SAVI dan Pendekatan CTL pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016

Muchammad Furkhon, 2814123115 (2017) Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan SAVI dan Pendekatan CTL pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran depan.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak siswa yang tidak bisa mengerjakan soal-soal matematika disebabkan karena tidak mengerti dan memahami konsep yang berlaku dalam materi tersebut, juga karena kurangnya latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru, selain itu juga karena metode pembelajaran yang kurang tepat . Oleh sebab itu perlu diciptakan suasana belajar yang melibatkan siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan tidak menjadikan konsep yang dipelajari merupakan konsep yang terlepas satu sama lainnya, serta guru harus lebih banyak memberikan umpan balik kepada siswa. Dengan metode pendekatan SAVI ataupun pendekatan CTL diharapkan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) “Bagaimana keefektifitasan pendekatan SAVI dalam menjelaskan konsep bangun datar dilihat dari hasil belajar pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016 ?”, (2) “Bagaimana keefektifitasan pendekatan CTL dalam menjelaskan konsep bangun datar dilihat dari hasil belajar pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016?”, (2) Manakah yang lebih efektif pendekatan SAVI atau Pendekatan CTL dalam menjelaskan konsep bangun datar dilihat dari hasil belajar pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016?”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: “Untuk Mengetahu keefektifitasan pendekatan SAVI dan CTL dalam menjelaskan konsep bangun datar dilihat dari hasil belajar pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui pendekatan yang lebih efektif antara SAVI dan CTL dalam menjelaskan konsep bangun datar dilihat dari hasil belajar pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Ngetal Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-B, VII-C dan VII-D. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-test dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas) dan uji Anava Satu Jalur. Hasil hitung menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 2,16 >2,009 yang artinya H_o ditolak dan H_a diterima, maka endekatan SAVI lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan CTL dalam menjelaskan materi bangun datar segiempat pada siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Ngetal. Karena rata-rata hasil belajar SAVI lebih besar dari rata-rata hasil belajar CTL yakni 86,8>78,85.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123115 muchammad furkhon
Date Deposited: 13 Feb 2017 02:01
Last Modified: 13 Feb 2017 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item