PENGEMBANGAN LEAFLET MATERI BIOTEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BAGI SISWA KELAS IX DI SMPN 1 KALIDAWIR

NAHDLIYATUL MAHFUDZOH, 126208203093 (2024) PENGEMBANGAN LEAFLET MATERI BIOTEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BAGI SISWA KELAS IX DI SMPN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Leaflet Materi Bioteknologi sebagai Sumber Belajar Biologi bagi Siswa Kelas IX di SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Nahdliyatul Mahfudzoh, NIM. 126208203093, dengan dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Leaflet, Materi Bioteknologi, Sumber Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa kurangnya minat belajar siswa karena media belajar yang digunakan terlalu tebal. Leaflet materi bioteknologi merupakan pengembangan dari bahan ajar leaflet yang bernuansa kebiologian, mengandung materi pembelajaran, dilengkapi dengan gambar/ foto. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap siswa, mendapatkan persentase sebesar 85% siswa masih merasa kesulitan saat mempelajari materi bioteknologi karena guru hanya menggunakan media buku paket saja dan metode yang digunakan hanya ceramah yang membuat siswa jenuh dan merasa kesulitan untuk memahami materi tersebut. Hasil analisis tersebut juga diketahui bahwa siswa setuju jika dikembangkan media baru berupa leaflet yang berbentuk ringkas, memiliki sedikit teks serta bergambar dan terdapat latihan soal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar leaflet pada materi bioteknologi untuk siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir, (2) Mendeskripsikan tingkat validitas bahan ajar leaflet pada materi bioteknologi untuk siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir, (3) Untuk Mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar pada materi bioteknologi untuk siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Develompment (R&D). Tahap pengembangan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Dessiminate). Sementara tahap penelitian dilakukan dengan menggunakan Quasi Eksperiment dan menggunakan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir. Sedangkan sampel penelitian ini dilakukan oleh 25 Siswa kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas IX C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan: uji normal N-Gain, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji independent sampel t test. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh (1) Leaflet materi bioteknologi sebagai sumber belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir dikembangkan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan. Tahapan dalam pengembangan 4D yaitu pendefinisian (define) meliputi, analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap perancangan (design) meliputi, penyusunan tes, penyusunan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap pengembangan (development) meliputi, validasi ahli, uji pengembangan, uji validasi, dan pengemasan. Sedangkan tahap penyebaran (desseminate) meliputi penyebaran dan pengadopsian. (2) Berdasarkan data hasil validasi leaflet materi bioteknologi dengan hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 97,33% dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Validasi ahli media mendapatkan persentase 74% dengan kriteria valid dan diperlukan revisi kecil. Hasil validasi guru IPA mendapatkan persentase 93,91% dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Hasil uji keterbacaan atau respon siswa mendapatkan persentase 87% dengan kriteria sangat baik. (3) Terdapat Peningkatan hasil belajar dengan penggunaan leaflet materi bioteknologi pada kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol dan perbedaan hasil tersebut dilakukan uji t dan didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga produk leaflet materi bioteknologi efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203093 NAHDLIYATUL MAHFUDZOH
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:49
Last Modified: 03 Jul 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47726

Actions (login required)

View Item View Item