MOHAMMAD NIZAR KHALIMI, 126201202076 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISTIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUL FALAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Teori Behavioristik pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Falah” ini ditulis oleh Mohammad Nizar Khalimi, NIM 126201202076 selaku mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Teori Behavioristik Adapun tujuan penelitiannya adalah : (1) Untuk mendeskripsikan adanya peran guru pendidikan agama islam dalam implementasi teori behavioristik melalui penerapan Pre-Test dan Post-Test pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Falah (2) Untuk mendeskripsikan adanya peran guru pendidikan agama islam dalam implementasi teori behavioristik melalui penerapan Reward and Punishment pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTs Darul Falah, terletak di Desa Bendiljati Kulon, Sumbergempol, Tulungagung. Sumber data penelitian berasal dari Guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kurikulum, dan beberapa peserta didik MTs Darul Falah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data juga dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan dan Proses Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi teori Behavioristik melalui penerapan metode Pre-test dan Post-test pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Falah adalah sebagai fasilitator dengan memfasilitasi proses pembelajaran supaya lebih maksimal, evaluator dengan mengukur pemahaman peserta didik setiap pertemuan, serta sebagai pembimbing dan pendidik dengan melakukan pendekatan dengan peserta didik serta memberikan nilai-nilai keagamaan, (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi teori Behavioristik melalui penerapan metode Reward and Punishment pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Falah adalah sebagai motivator dengan mendesain pembelajaran sedemikian rupa agar peserta didiknya bergairah dan aktif belajar, pembimbing dan pendidik dengan menjelaskan serta menguraikan materi yang diampunya kepada peserta didik dengan cara yang mudah agar peserta didik bisa mengerti apa yang dijelaskan oleh guru, serta evaluator dengan melakukan penilaian dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik setelah terlaksananya ulangan harian dengan memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202076 MOHAMMAD NIZAR KHALIMI |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 06:57 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47730 |
Actions (login required)
View Item |