PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PEMANFAATAN BLOK ALJABAR PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Julinda Kurniawati, 2814123093 (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PEMANFAATAN BLOK ALJABAR PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
bagian awal.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pemanfaatan Blok Aljabar Pada Materi Persamaan Kuadrat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Julinda Kurniawati, NIM. 2814123093, pembimbing Bapak Maryono, M.Pd. Kata kunci: Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Blok, Aljabar, Persamaan, Kuadrat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering terjadi di dalam kelas matematika. Pada saat pembahasan persamaan kuadrat seorang guru menyampaikan materi pelajaran dengan metode konvensioanl, kebanyakan dari peserta didik kurang memahami materi tersebut. hal ini disebabkan oleh kemampuan dasar yang dimiliki tiap peserta didik berbeda. Peserta didik yang berkemampuan tinggi dapat menerima materi dengan baik, sedangkan peserta didik yang berkemampuan rendah tidak dapat menerima materi dengan baik. Akibatnya terjadi kesenjangan pemahaman materi yang dicapai oleh peserta didik. Sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang merata, dibuktikan dengan perbedaan nilai antar peserta didik yang sangat signifikan. Dengan demikian, diperlukan sebuah metode pembelajaran lain yang dapat membuat kemampuan peserta didik menjadi merata. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan blok aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan blok aljabar pada materi persamaan kuadrat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan blok aljabar pada materi persamaan kuadrat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample dan sampelnya berasal dari kelas VIII E dan VIII H. Dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa, data nilai ulangan harian siswa, hasil pekerjaan siswa selama pembelajaran, dan foto pelaksanaan selama penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengamati selama proses pembelajaran berlangsung, dan keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Hasil dari pengujian Independent Sample T-test diperoleh nilai thitung = 1,943 sedangkan ttabel = 1,682 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga thitung > ttabel, maka ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan blok aljabar dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen > rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol, yaitu 80,3 > 71,14. Jadi kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga kesimpulannya adalah (1) ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan blok aljabar pada materi persamaan kuadrat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Dan (2) besarnya pengaruh adalah 12,88% yaitu berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123093 Julinda Kurniawati
Date Deposited: 27 Feb 2017 02:49
Last Modified: 27 Feb 2017 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item