PENGARUH PEMBIASAAN KITAB KUNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

GICICA MUTIARA BINTANG, 126201203316 (2024) PENGARUH PEMBIASAAN KITAB KUNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gicica Mutiara Bintang. 126201203316. 2024. “ Pengaruh Pembiasaan Kitab Kuning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Di SMPN 2 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembiasaan, Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman agama dilingkungan peserta didik serta fenomena rendahnya tingkat kesadaran sikap dan moral pada pelajar. SMPN 2 Sumbergempol merupakan salah satu lembaga yang mengadakan kegiatan kajian kitab kuning sebagai salah satu kegiatan rutin. Pendidikan Agama melalui pembelajaran kitab kuning dan pembelajaran Pendidikan agama islam diharapkan memperoleh hasil yang maksimal. Selain faktor pembiasaan kitab kuning salah satu faktor penting dalam mencapai hasil belajar yang maksimal adalah motivasi dari peserta didik sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk membuktikan pengaruh antara pembiasaan kitab kuning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. (2) Untuk membuktikan pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. (3) Untuk membuktikan pengaruh antara pembiasaan kitab kuning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. Pendekatan penelitian ini kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian Korelasi. Penelitian ini memilih lokasi di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol yang berjumlah 163 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling mendapatkan sampel berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Dalam pembuktian dan analisis data peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas sebagai uji instrumen kemudian menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji linieritas sebagai uji prasyarat dan analisis regresi sederhana serta analisis regresi linier berganda sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pembiasaan kitab kuning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol dengan nilai signifikansi sebesar 0.001. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol dengan nilai signifikansi sebesar 0.001. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara pembiasaan kitab kuning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol dengan nilai signifikansi sebesar 0.001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203316 GICICA MUTIARA BINTANG
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:21
Last Modified: 01 Jul 2024 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47839

Actions (login required)

View Item View Item