ROFIUL IKHSANI, 126205201040 (2024) PERAN GURU DALAM MEMBIMBING SISWA SLOW LEARNERS DI MI TARBIYATUSSIBYAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (867kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Ikhsani, Rofiul. 2024.“ Peran Guru dalam membimbing siswa slow learner MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Kabupaten Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: H. Muh. Nurul Huda, M. A. Kata kunci : Peran guru, Membimbing, Siswa Slow Learner Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena mengenai peran guru dalam membimbing siswa slow learners sebab guru sebagai motivator, fasilitator serta pembimbing untuk mengantisipasi anak slow learner lamban belajar agar peserta didik mampu memahami materi, tidak merasa minder dan tidak percaya diri. Guru di sekolah ini tidak mengabaikan atau membeda-bedakan antara peserta didik slow learner dengan yang lainnya, dengan begitu mereka mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, mampu memahami materi dengan baik. Fokus pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai motivator siswa lamban belajar (slow learner) di MI Tarbiyatussibyan Kabupaten Tulungagung? (2)Bagaimana peran guru sebagai fasilitator siswa lamban belajar (slow learner) di MI Tarbiyatussibyan Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing siswa lamban belajar (slow learner)di MI Tarbiyatussibyan Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triagulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Guru sebagai motivator bagi siswa slow learner yaitu guru memberikan motivasi intrinsik dengan memberikan arahan dan nasihat agar siswa slow learner dapat berperilaku baik, kemudian memberikan dorongan motivasi dengan mengaitkan cita cita, sedangkan untuk motivasi ekstrinsik guru memberi dorongan maupun ucapan verbal pujian, penghargaan apresiasi tepuk tangan atas keberaniannya untuk menjawab soal (2) Guru sebagai fasilitator yaitu memaksimalkan sumber belajar berupa RPP, LKS buku paket, media pembelajaran dan memberikan stimulus pada siswa slow learner (3) Guru membimbing siswa slow learner dengan pengulangan materi, menggunakan bahasa yang sederhana, penempatan tempat duduk siswa slow learner, memberikan kesempatan bertanya dan menjawab atau menunjuk siswa agar mengetahui tingkat kepahaman siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201040 ROFIUL IKHSANI |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 08:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47851 |
Actions (login required)
View Item |