KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 2 BLITAR

RISA ERVIANA, 126204201032 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ketika menyelesaikan soal matematika terutama tipe soal open ended. Siswa cenderung menganggap bahwa metode penyelesaian soal matematika hanya ada satu dan harus sama dengan yang diajarkan guru. Siswa terpaku dengan penyelesaian soal yang dicontohkan guru dalam menyelesaikan soal bahkan siswa tidak mampu menyelesaikan soal jika tipe soal dibuat berbeda dari yang dicontohkan. Selain itu, adanya minat belajar siswa masih tergolong cukup rendah terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan minat belajar tinggi dalam menyelesaikan soal open ended pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Blitar. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan minat belajar sedang dalam menyelesaikan soal open ended pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Blitar. 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan minat belajar rendah dalam menyelesaikan soal open ended pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dari 28 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian, yaitu 2 subjek dengan minat belajar tinggi, 2 subjek dengan minat belajar sedang, dan 2 subjek dengan minat belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Angket dilakukan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan tingkatan minat belajar yang sudah diketahui. Wawancara daan dokumentasi dilakukan untuk memperkuat data yang diperoleh dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan minat belajar tinggi dalam menyelesaikan soal open ended pada tingkat 4 (sangat kreatif). Siswa mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan minat belajar sedang dalam menyelesaikan soal open ended pada tingkat 2 (cukup kreatif) dan tingkat 3 (kreatif). Siswa dengan tingkat 2 mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kebaruan (novelty). Siswa dengan tingkat 3 mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kefasihan (fluency) dan keluwesan (flexibility). 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan minat belajar rendah dalam menyelesaikan soal open ended pada tingkat 0 (tidak kreatif). Siswa tidak mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Minat Belajar
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201032 RISA ERVIANA
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:58
Last Modified: 01 Jul 2024 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47873

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item